IMI Terpilih Sebagai Wapres FIA Regional II Asia Pasifik

Bambang Soesatyo
Bambang Soesatyo

Jakarta, PONTAS.ID – Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mengapresiasi kepercayaan negara-negara Fédération Internationale de l’Automobile (FIA) Régional II Asia Pasifik yang seluruhnya memilih Indonesia menjadi Wakil Presiden (Wapres) FIA Regional II Asia Pasifik.

IMI menunjuk Wakil Ketua Umum Mobilitas Rifat Sungkar sebagai perwakilan Indonesia menduduki posisi Wakil Presiden FIA Regional II Asia Pasifik.

“Dalam pemilihan pimpinan FIA Regional II Asia Pasifik, Vietnam terpilih menjadi Presiden, diwakili oleh Mr. Greig Craft AA. Sementara India terpilih menjadi Wakil Presiden II dan Singapura sebagai Wakil Presiden III. Sedangkan posisi Bendahara dipercayakan kepada Nepal,” ujar Bamsoet usai mengikuti FIA Region II Plenary Assembly, secara virtual dari Jakarta, Rabu (29/9/2021).

Ketua MPR ini menjelaskan, penyelenggaraan konferensi FIA Region II Asia Pasifik bukan hanya sekadar ajang memilih presiden beserta perangkatnya saja. Melainkan juga harus dijadikan momentum mempererat jalinan kerjasama antar negara anggota FIA di kawasan Asia Pasifik.

“Komposisi kepemimpinan FIA Region Asia Pasifik yang baru harus bisa membangkitkan semangat olahraga dan mobilitas otomotif di kawasan Asia Pasifik, sehingga menjadi yang terdepan di antara kawasan lainnya,” jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini menerangkan, di kawasan Asia Pasifik, FIA memiliki 67 anggota organisasi, yang tersebar di 43 negara. Sebanyak 63 anggota dari Asia, dan 4 anggota dari Pasifik. Selain Indonesia yang diwakili IMI, negara Asia Pasifik lainnya yang memiliki organisasi otomotif dan masuk menjadi anggota FIA antara lain China, India, Jepang, Qatar, Singapura, Thailand, Malaysia, Arab Saudi, Korea Selatan, Australia, dan New Zealand.

“Berbagai organisasi otomotif tersebut terbagi dalam beberapa kategori. Antara lain 24 organisasi sport and mobility, 23 organisasi mobility, dan 19 organisasi sport. IMI akan memanfaatkan posisi Wakil Presiden FIA Region II Asia Pasifik untuk memperluas kerjasama dengan berbagai organisasi otomotif dari berbagai negara. Sehingga bisa meningkatkan olahraga dan mobilitas otomotif di Indonesia, sekaligus mempromosikan berbagai sport automotive tourism di berbagai daerah Indonesia,” pungkas Bamsoet.

Turut hadir para pengurus IMI Pusat, antara lain Badan Pengawas Jeffrey JP, Wakil Ketua Umum IT dan Digital Tengku Irvan Bahran, dan Hubungan antar Lembaga Junaidi Elvis.

Penulis: Luki Herdian

Editor: Pahala Simanjuntak

Previous articleSah! Rifky Rahmanda Jabat Penasehat SMSI Jakarta Barat
Next articleBamsoet Minta Pemerintah Tindak Tegas Pelanggar PP No 29 Tahun 2021

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here