Peringati Hari Ozon Internasional, Walkot Jaktim Tanam 1000 Pohon

Jakarta, PONTAS.ID – Wali Kota Administrasi Jakarta Timur, M Anwar memimpin gerakan penanaman 1.000 pohon buah dalam program ‘Kampung Buah’ di seluruh Kota Jakarta Timur, Jumat (17/9/2021).

Dalam hal ini, Kawasan Kanal Banjir Timur (KBT) sisi Selatan Kelurahan Duren Sawit, Kecamatan Duren Sawit menjadi lokasi yang difokuskan dalam gerakan program ‘Kampung Buah’ ini.

Dalam kesempatan ini, turut mendampingi Wali Kota, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian DKI Jakarta, Suharini Eliawati, Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Timur, Hendra Hidayat, Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Timur, Fredy Setiawan dan Ketua Tim Penggerak PKK Kota Jakarta Timur, Diah Anwar serta para SKPD/UKPD terkait.

Wali Kota menyampaikan, pihaknya memfokuskan kawasan KBT sebagai lokasi `Kampung Buah` dengan tujuan selain penataan juga mengembalikan fungsi KBT sebagai lahan hijau. Selain itu, juga dilakukan sebagai peringatan Hari Ozon Internasional.

“Kegiatan ini diikuti seluruh Kelurahan dan Kecamatan, dan saat ini Saya terfokus di KBT dengan menanam 1.000 buah terdiri dari Alpukat, Cempedak dan Mangga. Kegiatan ini diharapkan dapat mengembalikan ke asrianya,” kata Wali Kota.

Dalam pelaksanaannya lanjut Wali Kota, program `Kampung Buah` dikemas dengan konsep pemberdayaan masyarakat, sehingga dapat terus memberikan kesadaran menanamkan kepedulian dan kecintaan terhadap lingkungan.

Ia pun meminta agar seluruh masyarakat bekerjasama merawat dan menjaga keberadaan `Kampung Buah` di Kawasan BKT ini, sehingga pemanfaatannya dapat dirasakan oleh warga.

Sementara itu dikatakan Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian DKI Jakarta, Suharini Eliawati, menyampaikan apresiasi tinggi terhadap potensi yang dimiliki Pemerintah Kota Jakarta Timur. Hal itu, terlihat dari berbagai pemberdayaan urban farming yang dikelola secara baik.

“Kami melihat secara baik ya, urban farming dan berbagai budi daya terus berjalan baik, dan saat ini `Kampung Buah` artinya kita terus dukung dan berikan pembinaan,” ujarnya.

Hal senada diungkapkan Ketua Tim Penggerak PKK Kota Jakarta Timur, Diah Anwar, menyampaikan, terima kasih dan rasa syukur atas pembinaan serta pemberdayaan bagi para kader PKK dan Dasawisma. Ia berjanji akan merawat `Kampung Buah` ini bersama masyarakat.

“Kami bangga dan berterimakasih. Tentunya ini Kami akan bertekad mewujudkan Kampung Buah di BKT dan seluruh wilayah Jakarta Timur dapat berkembang baik. Jadi tak hanya menjadi ketahanan pangan bagi warga bahkan bisa menjadi tambahan perekonomian,” jelasnya.

Penulis: Rahmat Mauliyadi

Editor: Fajar Virgyawan Cahya

Previous articleSudin KPKP Jakut Lanjutkan Kegiatan Sterilisasi Kucing Jantan
Next articleKejar Target Infrastruktur, Ini Langkah Menteri PUPR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here