Dukung Budidaya Tilapia, RSI Rekrut 20 Penyelam asal Dana Toba

Sergai, PONTAS.ID – Regal Springs Indonesia (RSI) membuka lowongan untuk 20 tenaga penyelam yang diutamakan berdomisili di sekitar Danau Toba, Sumatera Utara. Perusahaan Milik Asing (PMA) ini merupakan usaha pembudidayaan dan pengolahan Tilapia terpadu di kawasan Danau Toba.

“Saat ini RSI melakukan penerimaan 20 orang penyelam untuk mendukung operasi budidaya Tilapia di Danau Toba. Diutamakan berdomisili sekitar Danau Toba,” kata Head of Corporate Affairs RSI, David Tampubolon, dalam keterangan tertulisnya, Senin (3/5/2021).

Terkait soal penertiban Keramba Jaring Apung (KJA) di Danau Toba,dalam hal ini David Tampubolon menyatakan, pihaknya siap bersinergi dengan Pemda setempat, guna mewujudkan misi yang berkelanjutan yaitu memroduksi Tilapia (ikan air tawar sejenis Nila).

“Sembari membangun masyarakat sekitar melalui program ‘Kami Peduli’ untuk memberdayakan proses penerimaan karyawan yang memiliki bakat lokal untuk mendukung kegiatan budidaya di Danau Toba,” jelas David

Saat ini usaha budidaya Tilapia, RSI kata David telah mempekerjakan lebih dari 480 karyawan, di mana lebih dari 95 persen direkrut dari desa-desa di Kabupaten Toba dan Samosir.

Untuk posisi penyelam, kata David, perusahaan akan menerima pelamar mengutamakan masyarakat desa yang tinggal di Ajibata, Simanindo dan Onan Rungu, di mana lokasi kegiatan perusahaan berada.

“Pelamar yang lulus akan diberikan serangkaian program pelatihan dan mendapatkan sertifikat sebelum mulai bekerja,” terangnya

RSI juga bekerjasama dengan para pengusaha lokal dalam pengadaan barang dan jasa, untuk kebutuhan perusahaan. “Dengan demikian semakin menambah lapangan kerja dan dampak ekonomi,” kata David.

Di akhir keterangannya, David juga menjelaskan lokasi pembibitan dan gudang Tilapia berada di Lubuk Naga desa Naga Kisar kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai).

“Sedangkan pembesaran ikan berada di KJA di kabupaten Toba dan Samosir atau di perairan Danau Toba,” tutupnya.

Penulis: Andy Ebiet
Editor: Pahala Simanjuntak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here