Hindari Kemacetan, Pengendara di Imbau Pulang Lebih Awal

Ilustrasi kepadatan di GT Cikarang Utama (Cikarut) arah Cikampek

Jakarta, PONTAS.ID – PT Jasa Marga (Persero) Tbk mengimbau kepada pengendara yang meninggalkan Jakarta pada periode libur panjang cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 H agar menghindari puncak arus atau kemacetan pada Minggu (1/11). Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru menjelaskan, sebanyak 509.140 kendaraan meninggalkan Jakarta pada periode tiga hari (27-29 Oktober 2020).

“Kami mengimbau agar pengguna jalan dapat mengatur waktu perjalanan kembali ke Jakarta lebih awal. Kami mohon kerjasama pengguna jalan untuk tidak kembali ke Jakarta di hari Minggu,” ujar Heru dalam keterangannya, Jumat (30/10).

Heru menegaskan pentingnya pengguna jalan untuk menghindari waktu yang bersaman untuk kembali ke Jakarta untuk menghindari kepadatan yang berpotensi terjadi di hari Minggu. Jasa Marga bersama Kepolisian memberlakukan rekayasa lalu lintas seperti contraflow dan penempatan petugas di lokasi rawan kepadatan.

Pemberlakuan contraflow pada arus balik di antaranya untuk menghindari kepadatan pertemuan dua lalu lintas Jalan Tol Cipularang dan Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta di Km 66 Simpang Susun Dawuan serta kepadatan jelang akses masuk dan keluar rest area Km 62 dan Km 52.

“Kami juga memastikan proyek pekerjaan di jalan tol yang berpotensi mengganggu lajur dihentikan sementara, termasuk pekerjaan mobilisasi peralatan,” kata Heru.

Jasa Marga juga mengingatkan agar pengguna jalan memastikan kendaraan dalam keadaan prima dan warga mematuhi protokol kesehatan (menggunakan masker, cuci tangan dan jaga jarak) saat berada di tempat istirahat atau rest area, isi BBM dan saldo uang elektronik yang cukup.

Penulis: Hartono

Editor: Idul HM

Previous articleSinabung Masih Siaga, Warga Diimbau Tetap Waspada
Next articleBantu Terdampak Covid-19 di Kertosono, Kontraktor Libatkan Warga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here