Bangun Mentawai, Pemerintah akan Libatkan Swasta

Kepulauan Mentawai
Kepulauan Mentawai

Jakarta, PONTAS.ID – Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kemenko Kemaritiman dan Investasi Ridwan Djamaluddin mengatakan, pemerintah mempunyai konsep besar agar Mentawai dapat segera terbuka keterisolasiannya. Hal tersebut sekaligus mengangkat status Mentawai dari daerah tertinggal.

“Terkait pembangunan berbagai infrastruktur seperti jalan dan pelabuhan, karena kami memandang Mentawai adalah bagian dari Republik Indonesia yang tidak boleh ditinggalkan, berbagai infrastruktur tersebut akan berguna untuk masyarakat,” katanya melalui keterangan tertulis, Rabu (5/8/2020).

Ridwan menambahkan, sebagian infrastruktur di Mentawai sudah dilakukan pembukaan jalan dan sebagian pelabuhan sudah dibangun di Labuhan Bajau.

“Kemarin sudah kita tinjau dan sudah 70 persen pembangunannya,” ujarnya.
Ridwan mengaku sempat berbincang-bincang dengan masyarakat di pedalaman Mentawai. Masyarakat Mentawai kata dia, menginginkan adanya perbaikan kehidupan. Selain itu, masyarakat juga minta diberikan pelatihan atau pendampingan.

Menurut Ridwan perbaikan kehidupan masyarakat Mentawai sangat penting. Oleh karena itu, pemerintah akan melibatkan investor swasta untuk bersama-sama membangun Mentawai.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit meminta kepada pemerintah untuk mengatasi persoalan telekomunikasi atau jaringan internet khususnya di Mentawai dan daerah lain di Sumatera Barat yang masih tak terjangkau.

“Kami sudah bersurat kepada Kemenkominfo dan ditandatangani oleh Bapak Gubernur. Sudah diusulkan sebanyak 404 tower di Sumatera Barat ini, melalui Bakti Kominfo kami dapat informasi bahwa 38 akan dipasang pada tahun ini,” kata dia.

Penulis: Luki Herdian

Editor: Pahala Simanjuntak

Previous articleMenkes Pastikan Penanganan Corona dan Stunting Beriringan
Next articleStop Bantuan HUT RI, Ini Penjelasan Camat Nipah Panjang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here