Wisata Bali Dibuka, Bamsoet Berikan Pesan Penting

Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet)

Jakarta, PONTAS.ID – Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet), mengatakan, adaptif dan disiplin adalah dua kunci keberhasilan untuk membangkitkan kembali perekonomian Bali yang 70 persennya ditunjang sektor pariwisata. Keduanya diharapkan bisa memaksimalkan pertumbuhan ekonomi Bali.

“Dari mulai akomodasi hotel, ekonomi kreatif, tempat hiburan, dan berbagai atraksi wisata lainnya. Mulai hari ini, wajah Bali akan mendapat sorotan dunia,” kata Bamsoet, dalam keterangannya, Sabtu (1/8/2020).

Bamsoet bilang, Bali harus mampu membuktikan diri, dibukanya sektor pariwisata jangan sampai berkorelasi tinggi dengan penyebaran covid-19. Hal itu, menurut dia, agar secara perlahan kepercayaan turis domestik dan asing bisa kembali pulih, agar geliat ekonomi masyarakat bisa kembali bergairah.

Bamsoet merasakan dari dekat geliat kehidupan masyarakat Bali yang adaptif menjalankan pola hidup baru sehingga pariwisata Bali sudah mulai dibuka per Jumat, 31 Juli.

Sebagai tahap awal, berbagai tempat wisata mulai diizinkan beroperasi untuk menyambut turis domestik. Jika kerja sama turis domestik dengan masyarakat Bali berjalan lancar, ditandai dengan saling menaati protokol kesehatan, Bali akan siap menerima turis asing pada 11 September 2020.

Lebih lanjut, Bamsoet mendorong sebagai pemantik, Bali bisa memberikan promosi dan insentif khusus terhadap pariwisata di bidang Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE).

“Misalnya dengan mengajak kantor perusahaan swasta, BUMN, dan kementerian/lembaga, mengadakan pertemuan atau rapat di Bali. Maupun mendorong berbagai kelompok masyarakat mengadakan pameran di Bali,” imbuhnya.

Ia menilai, agar kepercayaan terhadap Bali bisa cepat pulih, pemerintah daerah dan seluruh stakeholder bisa terlebih dahulu mengajak perkantoran besar mengadakan kegiatan di Bali sebagai turis berkelompok dengan memberikan insentif dan diskon khusus.

Menurut dia, jika pemberitaan yang datang ke Bali semakin hari semakin banyak, pada akhirnya turis pribadi dan keluarga akan tergerak untuk berlibur ke pulau Dewata itu.

Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia itu juga mengingatkan agar masyarakat Bali didukung pemerintah provinsi dan pemerintah daerah tidak lengah, seiring semakin banyaknya kunjungan wisata ke Bali, akan membuat penyebaran covid-19 semakin terbuka.

“Karena itu, protokol kesehatan tidak boleh diabaikan ataupun dikompromikan. Menyerah dan pasrah begitu saja kepada covid-19 bukan tindakan bijaksana. Mengabaikan keberadaan Covid-19 juga sangat tidak tepat,” pungkasnya.

Penulis: Riana

Editor: Luki H

Previous articleNaik Terus! Emas Antam Hari Ini Rp1.028.000 per Gram
Next articleKemenparekraf Dorong Wirausaha Kuliner Jadi Food Startup

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here