BI Minta Perbankan Percepat Penyaluran Kredit

Jakarta, PONTAS.ID – Bank Indonesia meminta perbankan segera menurunkan suku bunga guna mempercepat penyaluran kredit. Hal ini sejalan langkah bank indonesia menurunkan suku bunga acuan sejumlah 100 basis poin.

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan percepatan penyaluran kredit perlu dilakukan oleh perbankan di tengah kebijakan bank sentral yang akomodatif. Bank Indonesia juga telah menurunkan giro wajib minimum (GWM) perbankan sebesar 100 basis poin menjadi 5,5 persen.

“Dengan stance moneter BI yang akomodatif diharapkan perbankan mempercepat penyaluran kredit dan penurunan bunga kredit,” kata Perry di Jakarta, Kamis (28/11/2019).

Pada sisi pergerakan nilai tukar rupiah, Bank Indonesia berjanji akan menjaga stabilitas mata uang Garuda. Menuru Perry, stabilitas nilai tukar rupiah didorong neraca pembayaran yang terjaga.

“Modal asing yang mengalir deras dan likuiditas yang cukup juga membuat nilai tukar rupiah lebih sesuai dengan fundementalnya,” ucapnya.

Ke depan, Bank Indonesia melihat prospek perekonomian Indonesia masih cukup baik pada tahun mendatang. Bank Indonesia terus memanfaatkan ruang kebijakan yang moneter yang akomodatif untuk menjaga inflasi dan mendorong momentum pertumbuhan ekonomi.

Penulis: Luki Herdian

Editor: Hendrik JS

Previous articleKUR Rendah, Pelaku UMKM Bisa Kembangkan Bisnisnya
Next articleMenteri Teten akan Terus Dorong UMKM Produksi Cangkul Nasional

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here