Antisipasi BBM Langka, BPH Migas Jaga Stok hingga Arus Balik

Ilustrasi ditribusi BBM oleh Pertamina

Jakarta, PONTAS.ID – Kepala BPH Migas, M. Fanshurullah Asa menginstruksikan Pertamina menambah pasokan ketersediaan BBM jenis Premium, Pertalite dan Pertamax di jalur tol operasional dan fungsional di Trans Sumatera terutama di sekitar 340 km tol wilayah Lampung ke Palembang.

Instruksi ini menyusul kelangkaan BBM jenis Premium dan Pertamax di tol dan wilayah Mesuji dan Tulang Bawang, Lampung, sebab BPH Migas merupakan Pelaksana Satuan Tugas Posko Nasional Sektor ESDM untuk Idul Fitri.

“Kita juga menginstruksikan Pertamina untuk menyiapkan Mobil Dispenser dan Kantong BBM di 15 titik lokasi penjualan BBM yang ada (bukan hanya kios Pertamax) di Tol Bakauheni – Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung – Palembang,” kata Fanshurullah, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (31/5/2019).

Pihaknya lanjut Fanshurullah, juga meminta Pertamina menambah armada Motoris di jalur tol Sumatera dan non tol , terutama daerah Mesuji dan Tulang Bawang.

“Masyarakat kami imbau agar mengisi BBM sebelum memasuki tol operasional dan fungsional mengingat beberapa penggunaan masih dalam tahap uji coba tahun ini seperti tol Lampung ke Palembang,” kata dia mengingatkan

Stok Arus Balik
Ditambahkan Fanshurullah, langkah-langkah antisipasi puncak arus mudik telah dilakukan oleh Pemerintah sesuai dengan situasi terkini salah satunya adalah penyempurnaan untuk pasokan stok BBM.

Untuk itu, selain Pertamina, BPH Migas juga meminta Badan Usaha swasta lainnya sebagai penyalur BBM untuk mewaspadai ketersediaan stok saat arus balik pada tanggal 8 dan 9 Juni 2019 mengingat tanggal 10 Juni 2019 sudah mulai efektif kerja.

Hal ini mengantisipasi kemungkinan akumulasi arus balik masyarakat yang mudik saat lebaran tahun ini lantaran waktu yang relatif panjang di tanggal tersebut.

“Sehingga harus ada konsentrasi BBM yang ekstra di tol Cikampek untuk Trans Jawa dan di tol Trans Sumatera daerah Palembang ke Bakauheni,” pungkasnya.

Penulis: Pahala Simanjuntak
Editor: Hendrik JS

Previous articleBulog Pastikan Stok Beras Aman
Next articleTerima Parsel Lebaram MenPAN-RB: Siap-siap Dilaporkan ke KPK

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here