Ingin Lacak Pesawat Anda, Coba Aplikasinya

Gambar: Ist

Jakarta, PONTAS.ID – Peristiwa jatuhnya pesawat Lion Air pagi ini ada satu aplikasi yang menarik perhatian, flightradar24. Aplikasi asal Swiss ini bukan satu-satunya aplikasi yang mampu melacak beradaan pesawat saat berada di angkasa.

Sejumlah aplikasi ini mampu mendeteksi pergerakan pesawat secara langsung. Selain itu aplikasi ini mampu memberi tahu bila pesawat anda ditunda penerbangannya. Berikut sejumlah aplikasi yang bisa anda gunakan.

Flightradar24
Aplikasi yang dapat diunduh secara gratis ini menjadi aplikasi pilihan utama. Melalui aplikasi ini anda bisa melihat pesawat yang terbang di angkasa secara langung, memeriksa estimasi waktu keberangkatan dan kedatangan, serta mencari pesawat melalui nomor penerbangan, bandara, atau penerbangan. Guna menambah antusias, aplikasi ini juga memasukan foto, sejarah penerbangan, dan pemandangan 3D dari sudut pandang pilot.

Jika kamu membutuhkan data lebih lengkap, ada sejumlah paket yang bisa anda beli. Untuk paket perak (US$1.50 per bulan atau US$10 setahun) dan paket emas (US$4 per bulan atau US$35 per tahun). Paket ini memberikan akses bagi anda untuk melihat sejarah penerbangan pesawat, kondisi cuaca, grafik aeronautical, dan lainnya. Aplikasi ini pun bisa digunakan untuk perangkat Apple dan perangkat berbasis Android.

FlightStats

Jika anda ingin lebih langsung, aplikasi ini menawarkan melacak penerbangan secara real-time dan kemampuan untuk melakukan pencarian dengan menggunakan nomor penerbangan, bandara, atau rute.
Ada halaman status sederhana yang menunjukan jadwal dan waktu aktual, tampilan  peta dengan posisi pesawat yang diinginkan, dan informasi tambahan tentang cuaca, gate, dan kemungkinan penundaan.
Sayangnya aplikasi yang dapat diunduh secara gratis ini banyak iklannya. Anda tidak bisa menghilangkannya dengan cara membayar.

ADSB Flight Tracker

Panduan pesawat dan pengemar penerbangan sangat menyukai aplikasi ini. ADSB merupakan singkatan automatic dependent surveillance broadcast alias siaran pengawasan automatis, anda bisa mendapatkan data langsung dari pesawat.
Aplikasi ini mampu menunjukan posisi pesawat dengan nomor penerbangan pada peta 2D atau anda bisa memilih opsi tampilan 3D. Sayangnya aplikasi ini hanya bisa diunduh untuk perangkat berbasis android.

Plane Finder – Flight Tracker

Jika anda pengguna Iphone dan menyukai melihat pesawat, aplikasi ini cocok untuk anda. Aplikasi ini juga menggunakan ADSB dan MALT (multilateration) untuk menentukan posisi pesawat secara real-time.Aplikasi berbayar ini juga menggunakan mode realitas augmented.

Jadi anda bisa mengarahkan ponsel anda ke langit dan mengidentifikasi pesawat yang lewat.
Seperti aplikasi yang lain, anda bisa melakukan pencarian menggunakan nomor penerbangan, lokasi, penerbangan, bandara, dan pesawat terbang. Termasuk membuat dan menyimpan filter pencarian anda, bahkan mengatur pemberitahuan khusus sehingga Anda akan tahu kapan pesawat tertentu berada di dekatnya.

Dengan halaman status sederhana dan pembaruan waktu nyata, itu juga dapat melacak penerbangan sederhana. Anda bisa mendapatkan versi aplikasi ini untuk iPhone, iPad, Apple Watch, dan iMessage

Editor: Idul HM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here