Tingkat Harapan Hidup Warga Spanyol Salip Posisi Jepang, AS Anjlok

Jakarta, PONTAS.ID – The Institute for Health Metrics and Evaluation (IHME) baru-baru ini mengumumkan hasil penelitian terbaru mengenai harapan hidup penduduk yang ada di dunia tertinggi berada di negara Spanyol dengan rata-rata usia 85,8 tahun.

Posisi yang sebelumnya di pegang oleh Jepang kini merosot di angka usia 85,7 tahun. Memang tipis, namun itulah kenyataannya. Posisi ketiga dan keempat ditempati oleh Singapura dan Swiss dikisaran usia 85,4 dan 85,2 tahun.

Amerika yang dikenal dengan negara berpenghasilan tinggi dengan bermacam aneka wisata memiliki harapan hidup 79,8 tahun. Dan China, sebagai negara pesaing sektor ekonomi dengan AS berhasil mendapat urutan ke-39 dengan harapan hidup 81,9 tahun, jauh dari peringkat AS yang anjlok di urutan 64.

Hal ini menurut pakar kesehatan, ekonomi, dll, menjadi refleksi perubahan dari dua negara dengan kekuatan ekonomi tertinggi secara global. Penelitian yang dilakukan di 195 negara ini menjadikan Lesotho, di Afrika Selatan sebagai negara dengan harapan hidup urutan bawah dengan rata-rata usia 57,3 tahun.

Spanyol dengan angka harapan hidup tertinggi hingga 2040 ini menjadi sesuatu yang berbeda. “Masa depan kesehatan suatu negara bukan karena takdir, melainkan melalui stagnasi bergantung pada seberapa baik sistem kesehatan yang digencarkan.” Kata Kyle Foreman, Direktur Ilmu Data IHME

Indonesia sendiri berada di peringkat 100 dengan rata-rata harapan hidup mencapai 70,9 tahun, dan terus meningkat dari tahun ke tahun. Kota yang menjadi angka tertinggi harapan hidup ialah Yogyakarta dengan angka 74,1 tahun.

Faktor yang mempengaruhi angka harapan hidup seorang dalam menjalani hidup sebagai warga negara termasuk menjaga pola hidup sehat dengan berolahraga, asupan yang sehat, waktu istirahat dan tidur yang cukup, serta menyempatkan diri bercengkramah dengan orang terdekat atau alternatifnya berlibur dengan orang-orang terdekat.

Dari penelitian ini, Spanyol merupakan satu dari beberapa negara Eropa yang menawarkan program perawatan kesehatan dengan sokongan pajak. WHO pun menempatkan sistem kesehatan Spanyol pada peringkat ke-7 global.

Umur panjang merupakan anugerah, apabila digunakan dengan sangat baik dengan pola-pola dan cara yang tepat dan bermanfaat. Utamakan untuk menjaga kesehatan, berpikir positif dan lakukan aktivitas diluar dengan terencana.

Penulis : Corani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here