Hadiri Paripurna, Sandiaga Bacakan Surat Pengunduran Diri

Jakarta, PONTAS.ID – Wakil Gubernur non-aktif DKI Jakarta, Sandiaga Salahuddin Uno menepati janjinya untuk menghadiri Rapat Paripurna DPRD DKI guna membacakan surat pengunduran dirinya sebagai wakil gubernur (wagub) DKI, karena maju sebagai calon wakil presiden.

Surat pengunduran diri tersebut dibacakan oleh pria yang akrab disapa Sandi ini dalam paripurna yang digelar di Gedung DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat (Jakpus), Senin (27/8/2018). Ini merupakan pertama kalinya Sandi kembali ke ruang paripurna setelah mengundurkan diri.

Dengan statusnya yang merupakan wagub DKI non-aktif, Sandi tidak duduk di kursi kepala daerah di dalam ruang paripurna, melainkan di kursi tamu VIP yang biasa ditempati oleh tamu undangan. Biasanya, kepala daerah duduk di podium, atau sejajar dengan pimpinan DPRD.

“Terkait pencalonan Sandiaga Uno sebagai calon wakil presiden RI, saudara Sandi telah membuat surat pernyataan berhenti dari wakil gubernur Jakarta periode 2018-2022,” kata Ketua DPRD DKI, Prasetio Edi Marsudi yang bertindak sebagai pimpinan rapat paripurna tersebut.

Setelah itu, Prasetio pun memanggil Sandi untuk membacakan pernyataan berhentinya. Sandi pun berjalan ke podium untuk menyatakan berhenti sebagai wagub DKI. Dalam pidatonya, Sandi menyampaikan bahwa dia mengundurkan diri untuk mengikuti kontestasi pemilihan presiden.

“Ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah. Maka dengan ini saya Sandiaga Salahhudin Uno menyatakan berhenti dari jabatan saya sebagai wakil gubernur masa jabatan 2017-2022,” kata dia dihadapan anggota dewan.

Rapat paripurna ini dihadiri seluruh pimpinan dewan yaitu Prasetio, Mohamad Taufik, Ferial Sofyan, Triwisaksana, dan Abraham Lunggana. Tak hanya itu, Gubernur DKI Anies Baswedan, Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Saefullah, dan sejumlah pejabat DKI lainnya juga hadir.

Editor: Risman Septian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here