Pembatasan Masa Jabatan Presiden dan Wapres Amanah Reformasi

Jakarta, PONTAS.ID – Polemik gugatan diajukan Perindo dan Jusuf Kalla (JK) perihal masa jabatan sekarang sedang diajukan ke Mahkamah Konstitusi (MK) mendapat tanggapan dari Ketua Umum Partai Demokrat sekaligus Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono.

Pria akrab disapa SBY menyatakan pembatasan masa jabatan Presiden dan Wakil Presiden merupakan amanah reformasi.

“Uji materi di MK silakan itu berproses. Sebetulnya jiwa dan semangat dari UUD 1945 khusus pembatasan masa jabatan Presiden dan Wakil Presiden itu amanah reformasi. Semangatnya dibatasi dua periode,” kata SBY, Rabu (25/7/2018).

Kendati demikian, SBY menyerahkan proses tersebut kepada MK untuk menghasilkan putusan yang terbaik. “Silakan dikembalikan ke MK,” lanjut SBY.

Sebelumnya, Perindo mengajukan uji materi Undang-undang No. 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, khususnya pasal yang mengatur pembatasan masa jabatan Presiden dan Wakil Presiden.

Perindo menilai tafsir UUD 1945 Pasal 7 semestinya membolehkan Presiden dan Wakil Presiden menjabat kembali selama tak berpasangan terus menerus selama dua periode.

Perindo mengajukan uji materi lantaran berencana memasangkan kembali Jusuf Kalla dengan Presiden Joko Widodo di Pilpres 2019.

Previous articleEvaluasi Mudik, DPR Soroti Kemacetan dan Kecelakaan Kapal
Next articleSesalkan MK, OSO Belum Mundur dari Hanura

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here