LSI Sebut Masyarakat Pro Pancasila Menurun Persentasenya

Jakarta, PONTAS.ID – Lingkaran Survei Indonesia (LSI) pimpinan Denny JA menyebutkan bahwa persentase masyarakat Indonesia yang pro pada Pancasila sebagai ideologi dalam berbangsa dan bernegara, mengalami penurunan yang cukup signifikan dalam waktu 13 tahun, yakni dari tahun 2005 hingga 2018 saat ini.

Peneliti LSI Denny JA, Ardian Sopa menuturkan bahwa penurunan persentase itu didapat pasca pihaknya melakukan survei pada 28 Juni sampai 5 Juli 2018, terhadap 1200 responden yang tersebar di 34 provinsi. Survei dilakukan dengan face to face interview menggunakan kuesioner, dan metode multistage random sampling.

“Dalam waktu 13 tahun, publik yang pro kepada Pancasila menurun sebanyak 10 persen. Di 2005 publik yang pro Pancasila masih 85,2 persen, di tahun 2018 ini angkanya menjadi 75,3 persen,” kata Ardian saat merilis hasil survei terbaru itu di Kantor LSI Denny JA, Jalan Pemuda 70, Rawamangun, Jakarta Timur, Selasa (17/7/2018).

Dia lantas mengingatkan, bahwa meski publik yang pro Pancasila masih menjadi mayoritas saat ini, namun penurunan 10 persen itu perlu menjadi perhatian semua pihak. Pasalnya, publik berharap calon pemimpin yang akan datang tak lagi bermain di wacana-wacana yang berpotensi memecah belah bangsa dan negara.

Lebih lanjut Ardian menuturkan, bahwa pihaknya menemukan tiga alasan yang menyebabkan terjadinya penurunan persentase masyarakat yang pro Pancasila tersebut. Yang pertama yakni karena alasan ekonomi, kedua karena alasan paham alternatif, dan yang ketiga adalah karena alasan kurangnya sosialisasi.

“Pertama, ada ketidakpuasan dari masyarakat kalangan bawah akibat melebarnya kesenjangan ekonomi yang semakin tinggi. Kedua, intensifnya paham alternatif diluar Pancasila yang mampu menarik masyarakat, terutama warga muslim. Ketiga, Pancasila makin tak tersosialisasi secara efektif ke masyarakat,” ujarnya.

Editor: Risman Septian

Previous articleKemendag Akan Evaluasi Harga Acuan Telur Kamis Besok
Next articleFahri Hamzah Tegaskan Tak Maju Jadi Anggota DPR Lagi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here