Aparat Penegak Hukum Diharapkan Netral Jelang Pilkada Serentak

Zulkifli Hasan bertemu Prabowo Subianto (ist)

Jakarta, PONTAS.ID – Ketua MPR Zulkifli Hasan berharap Pilkada Serentak 27 Juni mendatang agar dapat berjalan untuk jujur dan adil serta transparan sesuai peraturan perundangan yang berlaku.

Terlebih lagi, pria akrab disapa Zulhas agar aparat penegak hukum dapat netral dalam pelaksanaan itu.

“Banyak masukan-masukan dari masyarakat untuk pentingnya netralitas aparat kita,” kata Zulkifli usai pertemuan dengan Prabowo Subianto yang berlangsung di rumah dinas Ketua MPR, Senin (25/6/2018).

Ikut hadir dalam pertemuan ini Wakil Ketua MPR Ahmad Muzani, anggota DPR/MPR Yandri Susanto dan Mulfachri Harahap.

Menurut Zukifli, Kapolri dan Panglima TNI sudah menegaskan aparat harus netral. “Netralitas aparat itu harus dilakukan karena polisi kita adalah polisi Merah Putih, dan TNI kita adalah TNI Merah Putih. Bukan Polri atau TNI kandidat tertentu,” tegas Zulkifli.

Zulhasan, sapaan Zulkifli Hasan, juga meminta seluruh aparatur negara untuk netral. “Agar Pilkada serentak ini bisa berkualitas dan legitimate,” tuturnya.

Zulhasan kembali mengatakan dalam Pilkada pilihan boleh berbeda, tetapi Merah Putih tetap sama. “Jaga persatuan dan kesatuan kita,” katanya.

Prabowo Subanto mendukung pernyataan Ketua MPR. “Saya ikut memperkuat imbauan Ketua MPR. Pilkada 27 Juni nanti dan pemilihan-pemilihan selanjutnya adalah wujud dari demokrasi,” ujarnya.

Demokrasi, menurut Prabowo, memungkinkan pergantian pimpinan secara damai dengan asas bisa memimpin dengan ijin rakyat. “Kalau memimpin tanpa keinginan rakyat maka tidak ada legitimasi,” jelasnya.

Prabowo percaya rakyat tidak mungkin ditakut-takuti, diintimidasi dengan cara-cara kekerasan. “Pergantian pimpinan adalah hal yang biasa,” ujarnya.

Prabowo juga berharap jajaran kepolisian dan TNI tidak membela salah satu pihak dalam Pilkada serentak ini.

“Adik-adik saya yang aktif di Polri dan TNI, adalah Bhayangkari negara. Janganlah institusi dan lembaga yang penting dan menentukan ini menjadi pembela salah satu pihak,” harapnya.

Previous articleH-2 Pilkada, Pemerintah Belum Pastikan Libur Nasional
Next articlePanglima Hadi Tegaskan Netralitas TNI dalam Pemilu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here