KKP: Dorong Pengembangan Industri Patin Kuasai Pasar

Ilustrasi.

Jakarta, PONTAS.ID – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menggelar forum investasi dan bisnis bidang kelautan dan perikanan dengan tema Strategi Industri Patin Merebut Pasar Domestik dan Internasional pada Rabu ini. Forum ini diharapkan bisa mengembangkan potensi industri ikan patin di Indonesia, hal disampaikan  Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan KKP Nilanto Perbowon dalam  pembukaan acara tersebut..

Menteri Perikanan dan Kelautan Susi Pudjiastuti yang seharusnya membuka acara tersebut berhalangan, membuka forum investasi dan bisnis ini. “Ibu Susi harus ke MPR memberi penjelasan tentang bagaimana Indonesia di 2045 mendatang. Berapa banyak ikan yang harus disediakan sebagai sumber konsumsi masyarakat Indonesia yang akan tumbuh 1 persen,” ungkap Nilanto di Gedung Mina Bahari III, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta, Rabu (11/4/2018).

Forum investasi dan bisnis bidang kelautan dan perikanan kali ini diikuti oleh 191 pelaku usaha . KKP mempertemukan mereka agar dapat saling bertukar informasi tentang peluang serta kebutuhan masing-masing pelaku usaha sehingga terwujud kesepakatan bisnis baru, serta terjalin jejaring bisnis antar stakeholders.

Di Indonesia, patin adalah salah satu komoditas industri andalan karena memiliki kemapanan dari segi benih, pembesaran, pakan, dan pengolahan. Wilayah produksi budidaya pun terhitung luas, meliputi Jambi, Palembang, Riau, Lampung, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Tengah.

Peluang industri patin untuk konsumsi dalam negeri terbuka luas dengan adanya kebijakan larangan impor patin oleh KKP. Selain itu, tingginya syarat keamanan pangan yang akan ditetapkan melalui Standar Nasional Indonesia (SNI) juga menjadi peluang bagi patin untuk menguasai pasar lokal.

Editor: Idul HM

Previous articleMartial Tolak Perpanjang Kontrak di MU
Next articleGerindra Yakin Prabowo Tetap Maju Nyapres

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here