Kurangi Pengangguran, Gus Ipul Minta Perusahaan Besar Gandeng UMKM

Cagub No Urut 2 Gus Ipul Berkampanye Memperkenalkan Sepatu Produk Lokal (ist)

Sidoarjo, PONTAS.ID – Calon Gubernur Jawa Timur (Jatim), no urut 2, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mengharapkan perusahaan besar bisa bersinergi dengan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Jatim untuk meningkatkan kualitas UMKM.

“Perusahaan besar harus mampu bersinergi dengan UMKM, di antaranya untuk meningkatkan kualitas UMKM,” kata Gus Ipul saat bertemu dengan para buruh pabrik kertas Tjiwi Kimia, di Sidoarjo, Selasa (20/3/2018).

Menurut Gus Ipul, UMKM merupakan salah satu aspek yang signifikan dalam mengurangi pengangguran. “Satu di antara masalah yang dihadapi Jawa Timur adalah pengangguran. Angkatan kerja di Jawa Timur mencapai lebih dari 800 ribu orang per tahunnya,” ujar cagub yang diusung PDIP, PKS, PKB dan Gerindra ini.

Dia menjelaskan, perusahaan besar banyak membantu untuk ikut mengurangi pengangguran misalnya untuk PT Tjiwi Kimia ini yang mana bisa menyerap hingga delapan ribu tenaga kerja. Namun, kata dia, pihaknya tak lantas akan mengandalkan perusahaan besar saja dalam menyerap tenaga kerja, apalagi, apabila dari persentase, perusahaan besar hanya bisa mengurangi sekitar tiga persen dari total angkatan kerja di Jatim.

“Sisanya, tenaga kerja di Jatim banyak diserap sektor UMKM. Inilah pentingnya sinergitas antara UMKM dan perusahaan besar. Perusahaan besar tak perlu diganggu. Perusahaan menengah kita fasilitasi, sedangkan yang kecil kita dampingi,” ujarnya.

Menurutnya, langkah sinergitas yang bisa dilakukan satu di antaranya dengan memberikan pendampingan. Perusahaan besar bisa menjadi contoh dalam mengembangkan industri rumahan, mulai dari sisi permodalan, hingga manajerial.

“Saya begitu masuk ke perusahaan ini sangat terkesan. Saya lihat perusahaan ini sangat bersih dan rapi. Ke depan, kami akan mengajak industri yang kecil-kecil itu ke sini supaya mereka bisa mencontoh,” katanya.

Di sisi lain, Gijan Ongkoredjo, Kuasa Direksi PT Tjiwi Kimia, mendukung program yang dijelaskan oleh Gus Ipul. “Kami sangat mendukung apa yang menjadi cita-cita pemerintah Provinsi ke depan. Selama ini, pemerintah provinsi telah membuktikan dukungannya terhadap industri kami. Kami siap untuk bersinergi dengan pemerintah dalam mengembangkan ekonomi demi rakyat Jatim ke depan,” katanya. (Knt)

Previous articleEdhy Prabowo Jadi Ketua Fraksi Gerindra Gantikan Ahmad Muzani
Next articleKemenpar Butuh Peran dari Generasi Millenial

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here