Ketua DPR dan Mensos Kunjungi Korban Longsor di Brebes

Brebes, PONTAS.ID – Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) beserta Menteri Sosial Idrus Marham mengunjungi lokasi longsor di Desa Pasir Panjang, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Usai meninjau lokasi tanah longsor, Bamsoet juga mengunjungi korban longsor di pengungsian di Kecamatan Salem.

“Saya sungguh berduka atas bencana ini. Terlebih berdasarkan data korban terakhir, korban meninggal 11 orang, 7 hilang belum ditemukan, 12 luka-luka, 642 orang pengungsi di Desa Capar, 196 orang mengungsi di Desa Pasir Panjang dan 36 rumah rusak berat,” ujar Bamsoet, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (27/2/2018).

Bamsoet dan Idrus juga memberi bantuan sosial sebesar Rp 1,6 miliar yang diterima langsung para korban. Bamsoet juga mengimbau masyarakat untuk tidak mendekati lokasi longsor, karena berbahaya akibat adanya longsor susulan. Apalagi jika terjadi hujan, material longsor yang labil akan mudah terjadi longsor susulan.

“Saya pagi ini selain memberikan bantuan, juga ingin memberikan empati dan semangat kepada saudaraku yang terkena musibah. Mereka tidak menghadapi ini sendirian, ada saya dan seluruh saudara-saudara lain yang ikut memberikan semangat dan uluran tangan,” tutur politisi Partai Golkar ini.

Kabupaten Brebes telah menetapkan masa tanggap darurat dari 22 Februari-7 Maret 2018. Bamsoet berharap, selama masa tanggap darurat ini, berbagai unsur pemerintah seperti BNPB, Kementerian Sosial, dan pihak lainnya bisa bersatu padu mengatasi musibah ini. Sehingga masyarakat bisa kembali beraktivitas seperti sedia kala.

“Fungsi DPR sebagai lembaga legislatif adalah memastikan eksekutif dalam hal ini yang diwakili Kementerian Sosial bisa segera melakukan langkah-langkah penanganan bencana. Saya yakin Menteri Sosial Pak Idrus Marham bisa menjadi leader dan mengkoordinir pendistribusian bantuan secara cepat dan tepat. Sehingga bisa mengurangi beban saudara kita yang terkena musibah bencana,” jelas Bamsoet.

Bamsoet juga mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk selalu menjaga alam dan lingkungan sekitar. Keasrian dan kelestarian alam merupakan hal yang penting dalam terciptanya keseimbangan hidup.

“Bersahabat dengan alam adalah cara terbaik kita terhindar dari berbagai musibah. Mari kita jaga alam dan lingkungan sekitar. Karena keharmonisan hidup bukan hanya antara sesama manusia saja, melainkan juga dengan alam dan lingkungan sekitar,” ucap Bamsoet.

Previous articlePKB Bingung Dilarang Pasang Foto Bapak Bangsa untuk Kampanye
Next articleESDM Didesak Beberkan Data Soal Kenaikan BBM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here