Indonesia Inginkan AS Cabut Larangan Kopassus ke AS

Jim Mattis dan Ryamizard, (Foto:Ist)

Jakarta, PONTAS.ID – Dalam lawatannya ke Jakarta Menteri Pertahanan AS dikatakan bahwa Indonesia adalah mitra penting Amerika di kawasan Pasifik namun mereka belum akan mencabut sanksi bagi Kopassus, pasukan elit Indonesia. Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Pertahanan Amerika Serikat Jim Mattis. Ryamizard mengatakan tengah melobi Mattis agar mencabut larangan kunjungan anggota Kopassus ke AS.

“Dulu ada sanksi Kopassus enggak boleh ke situ, dia (Mattis) akan usahakan mencabut itu,” ujar Ryamizard selaku Menteri Pertahanan, Jakarta, Kamis, (25/1/18).

Ryamizard mengatakan dengan pencabutan larangan tersebut, TNI bisa kembali menjalin hubungan dengan militer AS. Seperti dengan mengadakan latihan bersama.

“Yang jelas enggak boleh ke Amerika salah satunya, latihan enggak bisa bersama-sama, dia akan buka lagi,” ucapnya.

Ryamizard yakin Mattis mampu mengabulkan permohonannya. Sebab dia menilai Mattis sebagai orang yang bijaksana, tak seperti presidennya, bisa melakukan lobi agar sanksi tersebut dicabut.

“Beliau akan berusaha untuk membereskan sanksi itu. Memang Trump keras ya. Tapi, (Mattis) orang yang dipercaya karena dia bijaksana. Di sana dia terkenal orang yang sangat bijaksana. Kita lihat saja nanti,” tukasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here