Hore! Besok Museum Bahari Kembali Dibuka untuk Wisatawan

Jakarta, PONTAS.ID – Pasca-kebakaran, Museum Bahari akan kembali dibuka untuk wisatawan pada Selasa (23/1/2018).

Informasi tersebut disampaikan melalui kertas pengumuman yang ditempelkan di berbagai sudut museum.

“Selasa, 23 Januari 2018 Museum Bahari Sudah Dibuka,” demikian bunyi pengumuman tersebut.

Kepala UPT Museum Bahari Husnison Nizar membenarkan perihal pengumuman tersebut.

“Benar. Besok sudah buka. Silahkan datang,” ucap Husnison saat dihubungi Senin, (22/1/2018).

Husnison mengungkapkan, pihak PLN yang sebelumnya dinanti untuk memeriksa kelayakan dan sistem kelistrikan di dalam museum sudah selesai melakukan pemeriksaan.

“Iya PLN sudah selesai memeriksa juga sejak kemarin. Sirkuit yang aman sudah dinyalakan,” ucap Husnison.

Dari pantauan dilokasi, Senin pagi, lampu penerangan di lobi museum sudah menyala. Para petugas juga terus merapikan alat-alat dan koleksi museum untuk menyambut wisatawan esok hari.

Selain itu, area yang terbakar pada peristiwa kebakaran seminggu lalu sudah ditutup oleh tembok seng setinggi dua meter. Spanduk bertuliskan “Mohon Doa dan dukungan agar Museum Bahari segera dibangun kembali” menutupi pembatas seng tersebut.

Husnison mengungkapkan pembatasan ruang berkunjung bagi wisatawan dilakukan untuk melindungi dari kemungkinan masuk ke area bekas peristiwa kebakaran lalu.

Area gedung yang dibuka untuk akses wisatawan adalah sebagian gedung A dan C serta gedung B yang tidak tersentuh api dalam peristiwa kebakaran lalu.

Ini artinya tepat seminggu setelah kejadian, operasional museum kembali dibuka. Sebelumnya pihak museum berharap pembersihan sisa-sisa kebakaran dapat dilakukan dengan cepat agar museum tidak tutup terlalu lama.

Sebelumnya, Museum Bahari dilalap api pada Selasa (16/1/2018). Kebakaran tersebut menyebabkan sebagian gedung C dan A habis terbakar. Beberapa koleksi dunia kebaharian dilaporkan rusak dan terbakar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here