Pemerintah Arab Saudi Kembali Membuka Film Bioskop

Pemerintah Arab Saudi Kembali Membuka Film Bioskop, (Foto:Ist)

Riyadh, PONTAS.ID – Reformasi sosial yang dilakukan oleh Putra Mahkota Arab Saudi cukup mencengangkan dunia. Pemerintah Arab Saudi akhirnya kembali membuka bioskop setelah dilarang selama 35 tahun. Film pertama yang akan dimainkan di bioskop adalah film animasi Hollywood, The Emoji Movie. Ini bukanlah pertama kalinya ia menggegerkan dunia dan bahkan kaum konservatif di Arab Saudi. Sebelumnya, ialah juga mengizinkan wanita untuk mengemudi di Arab Saudi.

Dilansir dari Mashable Asia, Kementerian Budaya dan Informasi Arab Saudi menyetujui pembukaan kembali bioskop pada Desember 2017 lalu.

Teater permanen pertama akan dibuka pada awal Maret mendatang. Sementara ini, pemerintah menggunakan aula budaya di kota Laut Merah, Jeddah yang dilengkapi dengan proyektor, karpet merah dan mesin popcorn.

“Sampai saat ini belum ada infrastruktur untuk bioskop, jad kami mencoba memanfaatkan tempat alternatif dengan bentuk sinematik,” ujar Mamdouh Salim, salah satu pejabat di Kementerian Budaya dan Informasi Arab Saudi.

Pada awal 1980an, di bawah tekanan kelompok Islam konservatif, bioskop dilarang beroperasi. Tak hanya itu, kelompok ini juga yang melarang wanita untuk menonton pertandingan olah raga di stadion dan menyetir.

Namun, reformasi yang dipimpin Putra Mahkota Mohammed bin Salman mengurangi banyak pembatasan tersebut. Pemerintah mengatakan berusaha memperluas ekonomi dan mengurangi ketergantungan pada minyak. Meski demikian, dibukanya bioskop tersebut, pemerintah berjanji film yang diputar akan tetap sesuai dengan nilai moral kerajaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here