AirNav Indonesia Lakukan Program Modernisasi

Novie Riyanto selaku Direktur Utama AirNav Indonesia

Jakarta, PONTAS.ID – Perusahaan Umum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Perum LPPNPI) atau AirNav Indonesia bersinergi melakukan moderenisasi untuk mendukung konektivutas 109 bandara udara di Papua.

Modernisasi navigasi ini meliputi peningkatan layanan menjadi radar service, impelementasi radar sintetis berbasis satelit atau ADS-B (Automatic Dependent Surveillance-Broadcast) dan penerapan prosedur PBN (Performance-Based Navigation). AirNav Indonesia menggunakan ADS-B karya anak bangsa yang dikembangkan oleh BPPT yang diproduksi oleh PT INTI. Peralatan inim telah berstandar internasional yang disertifikasi Kementerian Perhubungan.

“Kerja kami belum selesai untuk Papua, ke depan berbagai program modernisasi akan terus kami luncurkan demi meningkatkan konektivitas, keselamatan dan efisiensi penerbangan di wilayah Papua,” kata¬† Novie Riyanto selaku Direktur Utama AirNav Indonesia, Jakarta, Senin, (15/1/18).

AirNav akan memasang ADS-B ini di tujuh lokasi di Papua. ADS-B ini akan ditempatkan di properti Bank Mandiri, BRI dan BNI. Sinergi antar BUMN ini mempercepat program modernisasi karena menghemat waktu.

AirNav Indonesia sejak 2015 lalu telha menggelontorkan dana Rp 3,7 miliar untuk empat program, kemudian meningkat pada tahun 2016 menjadi 12 program senilai Rp 85 miliar dan kembali meningkat pada tahun 2017 menjadi 72 program senilai Rp 138 miliar.

Selain itum layanan di Bandara Sentani sejak 18 Agustus 2016 dari sebelumnya non-radar menjadi radar service. Perseroan juga telah menerapkan prosedur Performance-Based Navigation (PBN) di wilayah Papua.

Previous articleSah! Bambang Soesatyo Ditunjuk Jadi Ketua DPR
Next articleKondusifitas Partai Tidak Baik, Hanura Pecat OSO

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here