Gelar Hut ke 20 di Alun-alun, Bupati Sergai Prioritaskan UMKM

SERGAI, PONTAS. ID – Sejak kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) dimekarkan melalui Undang- undang nomor 36 Tahun 2093, tentang pemekaran Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) dan kabupaten Samosir, tanggal 18 Desember 2003 oleh Presiden RI Megawati Soekarnoputri.

Atas persetujuan pihak eksekutif dan legislatif serta Tokoh Pemekaran kabupaten Sergai, maka ditetapkan Hari Jadi kabupaten Serdang Bedagai pada tanggal 7 Januari 2004 sebagai lahirnya kabupaten pemekaran dari kabupaten Deli Serdang, dan kini sudah berusia 2 ( Dua l) Dasa Warsa atau 20 tahun.

Di usianya yang kini jelang dewasa, kabupaten Sergai sudah mempunyai 3 pasang Kepala Daerah yakni,1.T Erry Nuradi – Soekirman, 2. Soedirman – Darma Wijaya dan 3. Darma Wijaya – Adlin Tambunan dan tentunya setiap era pemerintahan masing-masing mempunyai hasil kerja yang berbeda.

Pasangan Bupati Sergai Darma Wijaya dan Adlin Tambunan, getol membangun infrastruktur yang intinya jika jalan bagus tentu ekonomi bagus dan lancar, diikuti dengan pembangunan faktor lainnya.

Hasilnya terbukti, diusia Sergai yang menginjak 20 tahun ternyata sudah terbangun Alun – Alun yang berada di Dusun I Desa Firdaus, kecamatan Sei Rampah ( persis di depan Mesjid Agung Sergai/ Simpang Tol Teluk Mengkudu).

Keinginan Bupati Darma Wijaya dan Wakil Bupati (Wabup) Adlin Tambunan, untuk merayakan Hari Jadi Sergai ke-20 ini terpusat di ibukota Sergai,Sei Rampah akhirnya terwujud walaupun lokasinya belum sempurna.

Berbagai kegiatan guna memeriahkan Hari Jadi ke-20 ini, dipusatkan di arena Alun-Alun dengan open stage yang cukup lebar dan luas, serta berada dipinggir jalan lintas Sumatera. Selain perlombaan, juga dilaksanakan pameran pembangunan yang diikuti seluruh instansi, TNI dan Polri.

Bazar diikuti boleh seratusan pedagang UMKM, dimana para pengunjung dapat menikmati berbagai ragam kuliner ciri khas Sergai, dan permainan untuk anak-anak anak.

Mulai perlombaan melestarikan budaya berpakaian Kebaya, Lomba Menari, Menyanyi serta permainan lomba yang saat ini ngetrend dikalangan remaja yakni mobil legend, yang disponsori e-sport kabupaten Sergai, yang dimulai sejak hari Kamis (4/1/2024).

Selain itu, salah satu permainan ciri khas dari warga Sumatera Timur yang hampir punah, kembali dilestarikan oleh Bupati Darma Wijaya dan Wabup Adlin Tambunan, yakni permainan Trup Gem bira. Permainan Trup ini menjadi legenda dikalangan warga disaat mengisi waktu luang, atau saat menunggu malam waktu pesta perkawinan atau sunatan yang dikenal dengan tradisi Lek – lekan atau Melekan.

Turnamen Trup Gembira Dambaan ini, sudah dilaksanakan sejak September 2023 yang lalu,dimulai dari pertandingan antar desa dalam kecamatan dan final antar kecamatan yang dilaksanakan di Alun – Alun, Sabtu (6/1/2023).
Sebagai juara I, Kecamatan Pegajahan, II. Kecamatan Pantai Cermin. III. Keca matan Sei Rampah dan IV. Kecamatan Sipispis.

Persis pada Hari Jadi Sergai, dilaksa nakan Sidang Paripurna Istimewa DPRD Sergai, di gedung DPRD Sergai dengan agenda Capaian Pembangunan Tahun 2023, yang disampaikan oleh Bupati Sergai Darma Wijaya dan Wabup Adlin Tambunan dihadapan para Wakil Rakyat Sergai dan Tokoh Masyarakat, Agama dan undangan yang hadir dari Provinsi Sumatera Utara, Minggu (7/1/2024).

Usai sidang paripurna istimewa, Puncak acara HUT (Hari Ulang Tahun) dibuka di open stage Alun-Alun, dimana dalam kesempatan ini di hadapan Forko pimda,Anggota DPRD, Masyarakat Sergai, perwakilan Kepala Daerah se Sumut dan undangan.

Dalam sambutannya, Bupati Sergai Darma Wijaya mengapresiasi dan menyampaikan terimakasih kepada unsur eksekutif, yudikatif, aparat keamanan, alim ulama dan cendikiawan serta seluruh elemen masyarakat yang telah mendorong terbangunnya suasana kondusif di Tanah Bertuah Negeri Beradat ini sehingga tahapan pembangunan dapat dilaksanakan sebaik-baiknya.

Atas nama Pemkab Sergai, Bupati Darma Wijaya juga memberikan penghar gaan kepada masyarakat yang berprestasi, awak media dan lembaga lainnya.

Tepat pukul 24.00 wib, usai acara hiburan dan undian lucky draw dengan puluhan hadiah seperti sepeda gunung, Televisi, Rice Cooker dan lainnya selama dua malam berturut, Bupati Darma Wijaya didampingi Kapolres Sergai AKBP Oxy Yudha Pratesta, Ketua TP PKK Sergai, Ny. Rosmaida dan Sekda kab Sergai M. Faishal Hasyrimi menutup puncak acara Hari Jadi Sergai, sembari mengingatkan kepada para pengunjung pada hari mendatang akan dilaksanakan 3 kegiatan besar di alun-alun ini setiap tahunnya.

Para Pelaku UMKM yang dagangannya habis sebelum puncak acara ditutup, ke pada media ini mengaku cukup puas selama 4 hari berdagang di alun-alun ini

“Kami ada yang datang dari Tanjung Balai, Asahan dan Tebingtinggi untuk mengadu peruntungan disini dan ternyata usaha kami tidak sia-sia. Kami berterima kepada Bupati Sergai, yang begitu memperhatikan pelaku UMKM sebagai salah satu sektor untuk mening katakan ekonomi kerakyatan”, ucap Abdul Muluk (45) warga Tanjung Balai kepada media ini.

 

Penulis; Andy Ebiet
Editor: Rahmat Mauliady

Previous articleMedsos Sarana Penting Membangun Transparansi Lembaga
Next articleCegah Peredaran Produk Berbahaya, Simpatisan PKS Hadiri Giat BPOM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here