Terima Kunjungan Delegasi Universitas Serang Raya, Indro Gutomo: MPR Aktif Melakukan Komunikasi Publik dengan Berbagai Kampus

Jakarta, PONTAS.ID – Sebanyak 70 mahasiswa dari Universitas Serang Raya, Kota Serang, Banten; pada Selasa, 18 Juli 2023, melakukan kunjungan ke MPR. Kedatangan mahasiswa dari berbagai jurusan di Komplek Gedung MPR/DPR/DPD, Senayan, Jakarta; itu langsung disambut oleh Kepala Bagian Pemberitaan dan Hubungan Antarlembaga Setjen MPR, Indro Gutomo, Kepala Sub Bagian Pemberitaan dan Layanan Informasi, Euis Karmilah, dan Kepala Sub Bagian Hulembaga, Yenita Revi.

Riyan Alkhoir, perwakilan mahasiswa mengatakan kedatangan mereka ke MPR untuk melakukan edukasi profesi sesuai dengan jurusan dan fakultas yang digeluti, serta ingin melihat pelayanan publik di MPR. Riyan mengucapkan terima kasih kepada Humas MPR yang telah menyambut hangat kedatangan mereka. “Sebelum berada di Ruang GBHN ini kami telah diantar melihat gedung-gedung yang ada di sini”, ungkapnya.

Saat berada di hadapan para mahasiswa, Indro Gutomo mengucapkan selamat datang kepada delegasi Universitas Serang Raya. Sebagai rumah kebangsaan, MPR RI terbuka menyambut kedatangan masyarakat termasuk dari kalangan akademisi. Mahasiswa juga dapat belajar banyak mengenai ketatanegaraan di MPR RI. Untuk itu dirinya mempersilahkan mahasiswa bila mau magang di Kesetjenan MPR.

Dikatakan kepada mereka, terkait pelayanan publik saat ini MPR tengah aktif melakukan komunikasi publik dengan berbagai kampus, utamanya dengan perguruan tinggi yang pernah berkunjung ke MPR. Hal ini dilakukan agar MPR mendapatkan masukan dan saran terkait peningkatan pelayanan publik.

MPR seperti dikatakan oleh seorang mahasiswa dalam forum itu bahwa lembaga ini kurang dikenal. Menanggapi hal yang demikian Indro Gutomo mengatakan Forum Komunikasi Publik selain untuk meningkatkan pelayanan publik di MPR sekaligus juga untuk mensosialisasikan berbagai kegiatan dan aktivitas MPR.

Dalam forum tersebut menurut Indro Gutomo banyak masukan dari civitas akademika untuk meningkatkan informasi, komunikasi, serta peran MPR. “Kita serap aspirasi masyarakat lewat forum tersebut”. Pada kesempatan tersebut, Indro juga mempersilahlan para mahasiswa untuk lebih mengenal MPR RI melalui perpustakaan MPR RI. Disana banyak sekali referensi buku ketatanegaraan, antara lain sejarah MPR RI dari masa ke masa, serta risalah amandemen UUD 1945.

Yenita Revi dalam pertemuan tersebut memaparkan tentang kelembagaan MPR khususnya terkait tugas dan wewenang MPR, keanggotaan, serta alat kelengkapan MPR RI.

Sementara itu, Euis Karmilah dalam pertemuan itu mengungkapkan struktur organisasi Setjen MPR RI serta tugas dan fungsi biro hubungan masyarakat dan sistem informasi. Euis mengapresiasi kedatangan para delegasi. Dikatakan, salah satu tugas kehumasan MPR adalah mempublikasikan aktivitas pimpinan dan kegiatan MPR ke berbagai media, termasuk media sosial.

Acara penerimaan delegasi berjalan sangat interaktif dengan dipandu oleh moderator Muhammad Alfaroby.

Penulis: Herdi

Editor: Pahala Simanjuntak

Previous articleBamsoet Juara I Duel Plate Eksekutif Kejuaraan Menembak Menkumham Cup
Next articleSambut Tahun Baru Islam, 15 Kecamatan di Tapsel Gelar Pawai Obor

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here