DPR Dorong Perempuan Lebih Banyak Dilibatkan dalam Program Penanggulangan Bencana

Jakarta, PONTAS.ID – Ketua DPR Puan Maharani menekankan perlunya kerja sama semua pemangku kebijakan, termasuk parlemen, dalam pengurangan risiko bencana. Ia juga mendorong agar perempuan lebih banyak dilibatkan dalam isu ini.

Puan mengatakan, perempuan dan anak merupakan kelompok yang paling banyak menjadi korban di setiap bencana.

“Karenanya bagaimana mitigasi dan penanggulangannya saya harapkan perempuan juga diberikan peran dan peluang untuk ikut berpartisipasi dalam mitigasi dalam penanggulangan bencana,” kata Puan saat menjadi pembicara di The 7th Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) 2022, Jumat (27/5/2022).

Peran perempuan dalam penanggulangan bencana, termasuk sebagai pengambil kebijakan, disebut penting. Sebab sebagai kelompok yang banyak menjadi korban, kata Puan, perempuan lebih mengerti apa yang dibutuhkan sesamanya.

“Sehingga dalam pelaksanakan penanggulangan bencana, perempuan bisa ikut mengerti, memahami, berperan serta dalam menanggulangi korban perempuan dan anak,” sebutnya.

Ketika berbicara di hadapan delegasi-delegasi yang berasal dari perwakilan pemerintahan dan NGO pada forum GPDRR, Puan menegaskan, DPR RI siap bergerak bersama dengan parlemen negara-negara lain untuk memperkuat peran dalam pengurangan risiko bencana.

Di dalam negeri sendiri, DPR telah memainkan peran cukup besar dalam hal penanggulanan bencana termasuk lewat fungsi pengawasan dan anggaran.

“Program-program penanganan bencana, mitigasi, dan antisipasi semuanya dibicarakan di komisi terkait di DPR. Tentu saja komitmen kami bersama Pemerintah agar program penanggulangan bencana dapat dilakukan seefektif dan seefisien mungkin,” jelas Puan.

“Tetap menjaga efektivitas dan bagaimana menjaga tempat-tempat yang rentan bencana bisa dimitigasi. Dan kalau terjadi bencana, penanggulangan bencana itu bisa dilakukan dengan cepat dan efektif,” tambahnya.

Penulis: Luki Herdian

Editor: Pahala Simanjuntak

Previous articleStudi Sistem Pengelolaan Anggaran dan Kerjasama di Bahrain, Hasan Basri Pamer Potensi Alam di Kaltara
Next articleBuya Syafii Sosok Ulama dan Negarawan Berintegritas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here