Digitalisasi, Pemkot Jakbar Gelar Bimtek Email Terpusat

Jakarta, PONTAS.ID – Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Barat mengadakan Bimbingan Teknis Penggunaan email resmi @jakarta.go.id dan tanda tangan elektronik secara daring, hal ini dilakukan guna perkembangan teknologi dalam tata kelola pemerintahan.

Sekretaris Kota Jakarta Barat, Iin Mutmainah membuka secara daring bimbingan teknis penggunaan email resmi @jakarta.go.id dan tanda tangan elektronik di kantor Walikota Jakarta Barat, Rabu (30/11/2021).

“Ini semua kita lakukan dalam menyikapi perkembangan teknologi yang sangat cepat dalam tata kelola pemerintahan secara elektronik di masa pandemi Covid-19,” ucapnya.

Penggunaan media-media elektronik yang sangat mudah, kata Iin tentunya harus tetap memperhatikan aspek keamanan digital. Karena semua itu menyangkut perihal data-data pemerintahan yang disimpan dan disebarluaskan, khususnya surat menyurat secara elektronik dan email.

Iin menambahkan, sementara tanda tangan elektronik merupakan salah satu solusi teknologi yang sudah berlandaskan hukum yang berlaku. “Saat ini tanda tangan elektronik telah dimanfaatkan pada sejumlah layanan baik di tingkat pemerintah pusat maupun Pemda DKI Jakarta,” sebutnya.

Ia berharap, peserta yang mengikuti secara daring bimtek dapat menambah wawasan dan manfaat, terutama dalam menjalankan tugas sesuai tupoksi.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Kominfotik) Jakarta Barat, V Christian Anthony mengatakan, bimtek penggunaan email [email protected] dan tanda tangan elektronik diisi dengan penyampaian materi oleh sejumlah narasumber dari Dinas Kominfotik Jakarta.

“Kami menghadirkan tiga narasumber yang masing-masing membahas tentang pemanfaatan email resmi @jakarta.go.id, pemahaman tanda tangan elektronik dan implementasinya,” tutupnya.

Sekedar informasi Kegiatan yang diikuti sekretariat kota dan kepala Unit Kerja Perangkat Daerah (UKPD) di lingkungan Pemkot Jakarta Barat bertujuan sebagai bentuk peningkatan kapabilitas dan pemahaman mengenai pemanfaatan secara optimal email resmi @jakarta.go.id dan tanda tangan elektronik.

Penulis : Deddy Muttaqin

Editor : Fajar Virgyawan Cahya

Previous articleBamsoet Dukung Hadirnya UU Penilai
Next articleGenerasi Milenial Harus Kenali Rumus Kolonial

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here