Tak Wajib Vaksin, 142 Warga Desa Kepandean Terima Bansos dan Beras

Tegal, PONTAS.ID – Sebanyak 142 keluarga penerima manfaat (KPM) di Desa Kepandean Kecamatan Dukuhturi Kabupaten Tegal, Jawa Tengah mulai menerima bantuan sosial tunai (BST) sebesar Rp 600 ribu dari Kementerian Sosial RI. Selain menerima bansos tunai, mereka juga akan mendapat tambahan bantuan pangan beras kualitas medium sebanyak 10 kilogram.

Penyaluran BST dan bantuan beras tersebut dilakukan di Balai Desa Kepandean dan dipantau langsung Kepala Desa Kepandean Wastejo, serta disaksikan unsur dari lembaga swadaya masyarakat, pada Rabu (28/7/2021).

Wastejo berpesan agar bantuan ini dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan status gizi keluarga dan tidak dibelanjakan membeli barang-barang yang tidak perlu atau tidak begitu penting,serta tidak disalahgunakan, “Warga di imbau tidak takut mengambil bansos ini. Belum divaksin pun bisa ngambil bansos,” kata Wastejo.

Sebagai informasi, penyaluran bantuan ini melibatkan Dinas Sosial Kabupaten Tegal bekerja sama dengan PT Pos Indonesia dan Perum Bulog.

“Oleh pemerintah, PT Pos Indonesia telah ditunjuk menyalurkan BST, sedangkan Perum Bulog ditugaskan menyediakan dan menyalurkan beras untuk selanjutnya diberikan ke KPM penerima BST,” terang Kades.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tegal Nurhayati mengatakan jika BST telah disalurkan pemerintah sejak tahun lalu dan pada tahun ini awalnya hanya diberikan untuk bulan Januari-April 2021 dengan besaran Rp 300.000 per bulan per KPM.

Namun, pemerintah kemudian memutuskan memperpanjang bantuannya untuk bulan Mei dan Juni yang disalurkan pada Juli 2021 ini.

“Setiap KPM akan mendapat BST dua bulan sekaligus sehingga totalnya Rp 600.000. Selain itu, mereka juga akan mendapat bantuan beras kualitas medium sebanyak 10 kilogram,” kata Nurhayati.

Selain disalurkan ke KPM BST, bantuan beras tersebut juga akan diberikan kepada 74.526 KPM penerima program keluarga harapan (PKH). Nurhayati menambahkan, penyaluran bantuan sosial kepada KPM BST dijadwalkan rampung pada Sabtu (31/07/2021) mendatang.

Adapun pengaturan penyalurannya akan dilaksanakan di 10 titik pembayaran dengan sistem penjadwalan lewat undangan kepada KPM.

Penulis: Teguh Andi Sasono

Editor: Fajar Virgyawan Cahya

Previous articleKapolri Instruksikan Pembuatan Posko PPKM di Pasar Rakyat
Next articleGangguan Jaringan, Pembagian BST di OKU Timur Terkendala

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here