Kapal Berbendera Australia Rusak Terumbu Karang, KKP Turunkan TIM

Jakarta, PONTAS.ID –  Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menurunkan tim untuk menginvestigasi rusaknya Terumbu karang Akibat jangkar milik kapal bernama Michaela Rose  karangdi Gili Trawangan.

“Tim kami (KKP) sedang turun menangani ini,” kata Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Brahmantya Satyamurti Poerwadi, Senin (29/7/2019).

Brahmantya menyebutkan, jika terbukti merusak terumbu karang, KKP dapat membawa insiden tersebut ke jalur hukum. Namun, saat ini pihaknya menegaskan masih akan melakukan proses investigasi terlebih dahulu.

“Bisa (dibawa ke jalur hukum). Tapi investigasi dulu, berapa lamanya ini tergantung titik lokasinya,” terangnya.

Dia pun menjelaskan, pihaknya sampai saat ini masih dalam proses penanganan kasus tersebut hingga laporan investigasi berhasil dikumpulkan.

Sebelumnya, Sebuah kapal pesiar berbendera Australia melego jangkar di area konservasi terumbu karang Deep Turbo di Gili Trawangan, Nusa Tenggara Barat. Akibatnya, jangkar milik kapal bernama Michaela Rose itu merusak keindahan terumbu karang.

Aksi kapal asing itu viral di media sosial dan menuai reaksi beragam dari warganet. Deep Turbo merupakan salah satu spot menyelam terbaik di Gili Trawangan.

Seorang instruktur menyelam bernama Chrisstofer Philipp merekam kondisi karang yang dihantam besi berat penambat kapal. Dia kemudian mengunggah video itu ke akun Instagram pribadinya @christoff_ccr.

Chrisstofer mengaku kesal terhadap aksi kapal asing tersebut karena melego jangkar sembarangan. Dia ingin menunjukkan ke publik bahwa aksi kapal itu telah merusak keindahan terumbu karang.

Rekaman tersebut diambil saat Chrisstofer tengah menyelam di Deep Turbo pada Sabtu 27 Juli 2019 kemarin. Dia mengaku telah memberitahukan kondisi jangkar ke pihak kapal, namun tak dihiraukan.

“Saya sudah bilang ke pihak kapal kalau mereka salah membuang jangkar di sana, tapi mereka tampak tidak terlalu peduli,” ucapnya.

Penulis: hartono

Editor: Idul HM

Previous articleSatpol PP Asahan Boyong 5 Pelajar Bolos Sekolah
Next articlePNS Meninggal Tabrakan, Sekda Mesuji Sampaikan Bela Sungkawa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here