Pemkab Tangerang Ajak Seluruh ASN Taat Pajak

Wakil Bupati Kabupaten Tangerang Mad Ramli

Tangerang, PONTAS.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang mengajak seluruh aparatur sipil negara (ASN) di Pemkab Tangerang harus taat bayar pajak. Kewajiban itu dengan cara melaporkan surat pemberitahuan tahunan (SPT) Pajak Penghasilan (PPh) Wajib Pajak Orang Pribadi (WP-OP) tahun 2018.

Wakil Bupati Tangerang Mad Romli mengungkapkan, salah satu indikator peningkatan kepatuhan wajib pajak adalah peningkatan pencapaian penerimaan pajak dari sektor pajak penghasilan orang pribadi dalam kaitannya dengan hal ini.

Maka, sambung Romli, potensi yang dapat digali secara optimal dari pajak penghasilan orang pribadi digunakan untuk memenuhi kebutuhan dan melaksanakan pembangunan daerah di Kabupaten Tangerang, karena pada prinsipnya pajak adalah untuk kepentingan kesejahteraan masyarakat itu sendiri.

“Saya sangat mengapresiasi sekali saat ini penyampaian SPT Pajak Tahunan PPh orang pribadi sudah dapat dilakukan secara online melalui e-Filing, ini akan mempermudah wajib pajak dalam melakukan kewajiban pajaknya,” kata Romli di sela acara Panutan Wajib Pajak di ruang rapat Wareng Setda Puspemkab Tangerang, Senin (4/3/2019). .

Penyampaian SPT Tahunan secara online seperti ini, Romli akan lebih memudahkan para wajib pajak dalam memenuhi kewajibannya membayar pajak.

“Saya berharap agar melalui acar ini dapat lebih memahami arti pentingnya pajak bagi proses pembangunan, sehingga dapat lebih memotivasi kita semua dalam memenuhi kewajiban kita dalam membayar pajak sebagai bentuk partisipasi kita dalam pembangunan di Indonesia khususnya di Kabupaten Tangerang,” imbuhnya.

Sementara itu ditempat yang sama, Kakanwil DJP Banten Jatmika mengatakan upaya memudahkan wajib pajak terus diupayakan Direktorat Jendral Pajak (DJP) dalam melakukan kewajiban pajaknya.

Dengan kemudahan melapor dan membayar pajak maka secara otomatis terjadi peningkatan penerimaan pajak. Karena itu DJP Banten menggelar acara panutan wajib pajak ini.

“Laporan SPT Wakil Bupati Tangerang ini diharapkan menjadi contoh khsusnya untuk ASN di lingkungan Pemkab Tangerang dan sebagai contoh juga kepada masyarakat agar segera melaporkan SPT tahunannya,” ucap Jatmiko.

Jatmiko juga mengapresiasi kepada Bupati, Wakil, dan pajabat lain di Pemkab Tangerang yang beberapa waktu lalu telah melakukan pelaporan SPT tahun secara online melalui e-filling, dan ini bisa menjadi panutan atau role model bagi ASN lainnya, dan Ia pun bangga kerena selama ini sinergi sudah berjalan dengan baik antar DJP dengan PemKab Tangerang.

Diketahui, e-Filing adalah suatu cara penyampaian SPT atau pemberitahuan perpanjangan SPT Tahunan yang dilakukan secara on-line yang realtime melalui website Direktorat Jenderal Pajak (www.pajak.go.id) atau penyedia jasa aplikasi atau Application Service Provider (ASP).

Wajib Pajak dapat menyampaikan SPT atau pemberitahuan perpanjangan SPT Tahunan secara elektronik (e-Filing) melalui sarana Penyedia Jasa Aplikasi (ASP).

Editor: Luki Herdian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here