Homa: Film Keberagaman Budaya dan Tradisi Manusia

Homa Film Keberagaman Budaya dan Tradisi Manusia, (Foto:Ist)

Jakarta, PONTAS.ID – Setelah menunggu selama lima tahun sejak peluncuran Film Epic Java, Embara Films kembali membawa karya yang baru. Kali ini sebuah film dokumenter yang menitikberatkan pada pengalaman spiritual berjudul Homa. Sahabat Sporto traveler sejati rasanya wajib menyaksikan film epic ini.

Homa merupakan sebuah film dokumenter yang menyajikan cerita mengenai bagaimana umat manusia berpartisipasi dalam ritual, festival dan tradisi sebagai cara untuk berhubungan dengan Tuhan. Film tersebut dibuat untuk merayakan keberagaman budaya dan tradisi manusia, sekaligus sebagai upaya untuk memahaminya.

Dilansir dari Sportotourism, Film ini mengangkat tema spiritualitas, sebuah perjalanan yang dimulai dari dataran tinggi Himalaya, turun ke lembah sungai Indus dan Sungai Gangga, sampai ke peradaban Timur Jauh. Homa menjelajahi ketidak-terbatasan cara manusia dalam berkomunikasi dengan Tuhan atau Semesta.

Proses syuting Homa sudah berlangsung selama empat tahun. Banyak festival dunia maupun kebudayaan dari berbagai negara yang bakal membuat Sahabat Sporto Kagum. Inspirasi awal muncul saat Febian Nurrahman Saktinegara dan Galih Mulya Nugraha dari Embara Films merekam serangkaian prosesi Hari Raya Nyepi di Bali pada tahun 2014.

Kemudian mereka lanjutkan dengan mendatangi festival musim panas di Jepang, Thaipusam di Batu Caves, Dashain di Nepal, Agni Aarti di Sungai Gangga, Loy Krathong di Thailand, dan berbagai macam festival-ritual lainnya. Proses eksplorasi yang panjang ini ditutup pada akhir tahun 2017 dengan sebuah perjalanan epic ke dataran tinggi Himalaya untuk menangkap budaya Tibet.

Film Homa direncanakan akan selesai pada tahun 2018 ini dan akan diikutsertakan dalam beberapa festival film di dalam dan luar negeri. Pada tanggal 17 Januari 2017, Embara Films telah meluncurkan cuplikannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here