Dirjen Imigrasi Gelar Pembuatan Paspor di Silang Monas

Dirjen Imigrasi Gelar Pembuatan Paspor di Silang Monas, (Foto:Ist)

Direktorat Jenderal Imgrasi mengadakan Festival Keimigrasian dalam rangka Acara Hari Bakti Imigrasi ke-68 Tahun 2018 di Monas, Jakarta Pusat. Dalam acara itu, direktorat membuka pembuatan paspor. Pelayanan tersebut termasuk dalam rangkaian Festival Keimigrasian yang diselenggarakan oleh Ditjen Keimigrasian Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno yang hadir dalam festival itu menyebut sudah ada 2.000 orang yang antre membikin paspor. “Kita lihat lebih dari 2.000 yang terdaftar padahal slot hanya sampai pukul 15.00 hanya 1.600,” kata Sandi selaku Wakil Gubernur Jakarta, Jakarta, Minggu (21/1/18).

Sandi mengutrakan bahwa, acara ini atas kerja sama Ditjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Pemprov memberikan fasilitas dan asetnya untuk membantu Ditjen Imigrasi.

“Khususnya mall pelayanan publik di Kuningan kita akan buka, kita akan tambah untuk menampung permintaan pembuatan paspor,” imbuh Sandi.

Sandi juga menawarkan kerja sama dengan Kementerian Hukum dan HAM dalam bidang pembersihan data. Ini sebagai bentuk tangkal oknum Imigrasi yang memberikan jasa pembuatan paspor scara ilegal. “Kami menawarkan bantuan kepada pak menteri dan pak dirjen. Jika diperlukan tim dari Jakarta Smart City (JSC) siap untuk membersihkan data tersebut,” ujarnya.

Di sisi lain, Direktur Jenderal Keimigrasian Ronnie F Sompie mengatakan, pelayanan ini diselenggarakan sudah keempat kalinya. Dengan kuota 1.600, namun antusiasme masyarakat DKI Jakarta menurutnya melebihi ekspektasi. Menurutnya, sejak pukul 5.00 WIB, antrean sudah dimulai dan ia mendapat informasi bahwa peminat sudah melebihi 2.000 orang.”Oleh karena itu pelayanan ini dalam rangka mencukupi pelayanan paspor di luar pelayanan kerja yang tidak bisa ajukan pas di hari kerja, ini adalah kesempatan, kami akan cari solusi bagaimana bisa menampung ini,” kata Ronnie.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here