Kemenlu Bagikan Paspor Bagi WNI di Filipina

Retno Marsudi Menteri Luar Negeri Bagikan paspor di Davao City, (Foto:Ist)

Davao, PONTAS.ID – Retno Marsudi selaku Menteri Luar Negeri Indonesia, membagikan paspor kepada 300 Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di Filipina Selatan. Pemberian paspor yang berlangsung di House of Indonesia, Davao City. Pemberian paspor tersebut dimaksudkan untuk memberikan kepastian hukum bagi mereka dan memudahkan pemberian pelayanan dan perlindungan oleh Pemerintah Indonesia, dalam hal ini oleh KJRI Davao City.

‚ÄúPemberian paspor adalah bentuk paling mendasar dari kehadiran negara bagi WNI di luar negeri. Paspor adalah instrumen perlindungan, karena memberikan kepastian hukum bagi WNI dan memudahkan Perwakilan RI untuk memberikan pelayanan dan perlindungan. Proses penentuan status ini sudah dimulai sejak lama. Namun dalam 3 tahun terakhir kita lakukan percepatan,” kata Retono Marsudi Menteri Luar Negeri RI, Kamis, (4/1/18).

Pemerintah Indonesia bersama Pemerintah Filipina dan UNHCR sejak 2011 sepakat untuk memulai proses penentuan status. Dari berbagai upaya pendekatan bilateral yang dilakukan Pemerintah Indonesia, Pemerintah Filipina akhirnya memberikan komitmen untuk mengeluarkan edaran resmi. Edaran tersebut memungkinkan para WNI yang telah memperoleh paspor untuk mendapatkan ijin tinggal yang dapat diperpanjang setiap lima tahun.

Previous articleBawaslu Mediasi Antara KPU dan Dua Parpol
Next articleTampil Baru, Pemeran Utama 007 Agen Wanita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here