MPR Dorong Pemain Dunia Investasi Nikel di Indonesia

Jakarta, PONTAS.ID – Ketua MPR Bambang Soesatyo mengapresiasi rencana The Sandi Group Global Holdings (TSG GH) berinvestasi di berbagai program pembangunan di Indonesia. Antara lain di sektor infrastruktur, hingga pertambangan seperti nikel.

Pelarangan ekspor bijih nikel yang dilakukan Presiden Joko Widodo sejak 1 Januari 2020, telah membuahkan banyak keuntungan bagi Indonesia. Satu diantaranya dalam memperbesar hilirisasi komoditas nikel menjadi produk jadi sehingga mendapatkan nilai tambah ekonomi yang lebih besar bagi Indonesia.

“Karena pelarangan tersebut, akhirnya berbagai perusahaan besar dunia harus membangun pabrik pengolahan nikel di Indonesia. Salah satunya akan dilakukan oleh TSG GH. Berdasarkan laporan Peluang Investasi Nikel Indonesia dari Kementerian ESDM, jumlah izin usaha pertambangan dan operasi produksi (IUP OP) dan smelter nikel yang sudah beroperasi di Indonesia hingga tahun 2020 mencapai 323 izin. Tersebar di lima wilayah, seperti di Sulawesi, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat. Dari ke-5 wilayah tersebut, sekitar 84 persen perizinan berada di Sulawesi, sehingga bisa dikatakan Sulawesi merupakan sentra nikel terbesar di Indonesia,” ujar Bamsoet usai menerima jajaran TSG GH, di Jakarta, Rabu (6/7/2022).

Ketua DPR RI ke-20 dan mantan Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM, dan Keamanan ini menjelaskan, sebelumnya pada tahun 2020 lalu, TSG GH bersama entitas bisnisnya yaitu PT TSG Utama Indonesia dan Titan Global Capital Pte Ltd menggandeng 10 perusahaan Indonesia termasuk BUMN untuk berkolaborasi melakukan ekspansi bisnis ke Republik Demokratik Kongo, Afrika. Antara lain, bersama WIKA dan LEN, TSG GH akan mengerjakan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) berkapasitas 200 Megawatt (MW).

“Bersama PT INKA, TSG GH akan menyiapkan pembangunan infrastruktur kereta sepanjang 1.700 km, pembelian rolling stock, hingga Light Rail Transit (LRT) dari kota ke bandara di DRC, Kongo. Bersama Merpati Nusantara Airlines, TSG akan menjalin kerjasama dengan beberapa perusahaan penerbangan di Afrika, khususnya Republik Demokratik Kongo untuk membuka rute pengangkutan kargo Indonesia-Afrika, termasuk kerjasama dalam hal maintenance repair and overhaul (MRO) dan training centre. Serta bekerjasama dengan PT Dirgantara Indonesia untuk pembelian pesawat NC212i,” jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan KADIN Indonesia ini menerangkan, menurut data LPEM FEB UI, yang diolah dari Nickel Institute pada 2021, Indonesia menjadi negara kedua setelah Australia dengan sumber daya nikel terbesar di dunia, yakni 33,3 juta ton atau 11 persen. Rusia di posisi keempat dengan 24,4 juta ton atau 8 persen. Sementara dalam cadangan nikel di dunia, Indonesia ada di urutan pertama dengan 21 juta ton atau 23,7 persen.

“Dengan berbagai kekayaan sumber daya nikel tersebut, Indonesia tetap terbuka terhadap masuknya investor dari luar negeri. Terlebih keberadaan UU Cipta Kerja telah memberikan banyak kemudahan bagi para investor dalam mengelola sumber daya alam Indonesia. Dukungan para investor menjadikan Indonesia sebagai negara yang memiliki posisi strategis dalam perdagangan sejumlah produk turunan nikel seperti baja, stainless steel, serta bahan baku baterai kendaraan listrik yang mengutamakan penggunaan material nikel,” pungkas Bamsoet.

Jajaran TSG GH yang hadir antara lain, Chairman and CEO Rubar Sandi, Executive Vice President Russell Hugo, serta Chief Technology Office Kamran Atri. Hadir pula tokoh pengusaha nasional Setiawan Djodi.

Penulis: Luki Herdian

Editor: Pahala Simanjuntak

Previous articleTerus Perjuangkan Perlindungan dan Keadilan Bagi Para PMI
Next articleHarga TBS Sawit Anjlok, DPD Desak Pemerintah untuk Bertindak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here