MPR Usul Ditjen Pajak Dipisah dari Kemenkeu Buntut Kasus Rafael Alun

Fadel Muhammad
Fadel Muhammad

Jakarta, PONTAS.ID – Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad mengusulkan Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak untuk dipisah dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Menurut Fadel permasalahan di tubuh Ditjen Pajak sudah ditemukan sejak lama sebelum kasus Rafael Alun Trisambodo mencuat.

“Maka saya beberapa hari yang lalu, pikir-pikir saya tuliskan yang rapih, usulan memisahkan Ditjen pajak dari Kementerian Keuangan,” kata Fadel, Jumat 17 Maret 2023.

Fadel mengatakan dahulu sempat ada wacana agat DJP dipisahkan dari Kemenkeu dengan membentuk ororitas pengelola pajak independen. Dan hal itu, kata dia dipraktikkan di provinsi Gorontalo dengan membentuk bedan pendapat daerah.

“Masalah ini sebenarnya bukan hal yang pertama, sudah lama kejadian beberapa kali. Ketika saya menjadi Ketua Komisi XI di DPR RI yang membidangi keuangan,” ujarnya.

“Saya, waktu jadi Gubernur latar belakangnya di Gorontalo, itu kan setiap pemerintah daerah ini, ada biro keuangan. Biro keuangan itu di bawah Sekda, jadi saya berpendapat, di Gorontalo, ini nggak benar saya bilang, biro keuangan. Padahal kan itu uang kita, uang kita, pendapatan kita PAD, uang APBN, uang bantuan dari pusat, maka saya kemudian membuat namanya Badan Pendapatan Daerah,” tambahnya.

Menurut Fadel dengan pembentukan itu mekanisme pendapat pajak negara menjadi terukur. Pemisahan Ditjen Pajak dari Kemenkeu bisa menjadi pertimbangan ke depan.

“Tidak mutlak harus dilaksanakan, tapi menjadi pertimbangan, pertanyaan yang muncul ‘Pak Fadel, apakah mungkin hal ini dilaksanakan?’, ‘Pak fadel, apakah mungkin ada negara lain yang pernah melaksanakannya?’

“Jadi banyak negara-negara lain, beberapa negara di Eropa sudah bikin hal yang sama sehingga ini timingnya tepat di saat lagi ramai sekarang masalah pajak ini, selagi ramai. Nah mungkin kita ingin menyampaikan gagasan pikiran baru,” ujarnya.

Penulis: Herdi

Editor: Pahala Simanjuntak

Previous articleMPR Apresiasi Kiprah Persatuan Pensiunan Indonesia di Gedung Dwi Warna Lemhannas
Next articleMiris! Diduga Tak Kantongi Izin, Pabrik Pengolahan Plastik di Purwosari Juga Buang Limbah Ke Sungai

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here