Salurkan Bantuan Peralatan Usaha untuk UMKM, Anis Byarwati: Aksi Nyata Demi Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

Jakarta, PONTAS.ID – anggota DPR Fraksi PKS dari Dapil Jakarta Timur, Anis Byarwati, kembali menyalurkan bantuan peralatan usaha melalui Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) kepada kelompok UMKM yang berada didaerah Cipayung dan Kramat Jati, Jakarta Timur.

Kali ini bantuan diberikan kepada dua kelompok UMKM. Pertama, kelompok Sejahtera 5 Fashion Cipayung yang bergerak dibidang craft dan fashion. Kedua, kelompok Waroeng UKM Kramat Jati yang bergerak dibidang usaha kuliner. Total masing-masing kelompok memiliki 30 unit usaha yang mendapatkan berbagai macam bantuan peralatan usaha senilai lebih dari 350 juta rupiah untuk menunjang usaha mereka.

Dalam sambutannya, anggota komisi XI DPR RI ini menyampaikan bahwa advokasi PSBI yang dilakukannya, merupakan tindakan nyata untuk membantu masyarakat. “Advokasi yang saya lakukan, merupakan dukungan nyata dan langsung dari saya untuk membantu masyarakat yang ingin berusaha, memiliki tekad berjuang bersama untuk bisa mandiri berpenghasilan. Dengan bantuan ini diharapkan kondisi ekonomi masyarakat semakin meningkat,” ujar Anis.

Dalam kesempatan yang sama, Anis yang juga didaulat sebagai Bunda UMKM Jakarta Timur, mengatakan bahwa setiap tahun permintaan masyarakat terus meningkat. Hingga pada tahun 2022 ini, sebanyak 1050 unit UMKM telah dibantu dan sedang dalam proses pengajuan bantuan PSBI.

“Bantuan peralatan ini adalah amanah yang harus dijaga dengan baik. Dan saya berkomitmen akan terus mengadvokasinya agar bisa membantu masyarakat dan mendorong para pelaku UMKM agar semakin maju dan bermanfaat lebih luas. Bahkan saya berharap bisa merekrut tenaga kerja menciptakan lapangan pekerjaan”, ungkapnya, Selasa (2/8/2022).

Lebih lanjut, Anis menyampaikan bahwa dirinya bersama PKS melalui Bidang Pemberdayaan Jaringan Ekonomi (BPJE) akan terus melakukan pembinaan UMKM, “Bersama BPJE PKS, pembinaan dan pemberdayaan kepada para pelaku UMKM juga akan terus dilakukan”, kata Anis. Menurutnya peningkatan program UMKM sangat penting dan harus mendapatkan perhatian lebih serius. Kementerian koperasi pada Mei 2022 mencatat, sumbangan UMKM terhadap PDB nasional pada kisaran 61 persen sementara serapan tenaga kerja sebesar 97 persen.

Acara serah terima kali ini juga dihadiri oleh Camat Kramat Jati, Lurah Batu Ampar, dan tokoh masyarakat lainnya. Diakhir sesi, para anggota UMKM memperkenalkan berbagai macam produk usahanya

Penulis: Luki Herdian

Editor: Pahala Simanjuntak

Previous articleAntisipasi Krisis Pangan Global, DPD Dorong Peningkatan Produktivitas Pangan di Desa
Next articleBlunder RUU KUHP, Presiden Jokowi Tegaskan Sikap

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here