Bekali Parpol Tak Korupsi, KPK Gelar Program PCB Terpadu

Jakarta, PONTAS.ID – Melalui kegiatan pembekalan antikorupsi yang merupakan rangkaian kegiatan program Politik Cerdas Beritegritas (PCB) Terpadu 2022, KPK fokus mendorong penguatan integritas internal partai politik.

Sebab, parpol yang berintegritas merupakan landasan penting dalam membangun upaya pencegahan korupsi. Tidak terlepas karena proses politik seperti pemilihan pejabat publik ataupun proses penganggaran melibatkan peran sentral partai politik.

“Sesuai jadwal hari ini, akan dilaksanakan kembali pembekalan antikorupsi bagi partai politik. Kali ini pembekalan diberikan untuk para pengurus dan kader Partai Kebangkitan Bangsa (PKB),” kata PltJuru Bicara KPK, Ipi Maryati di Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi KPK, Selasa (26/7/2022).

Ipi memaparkan, Pada tahun 2016 – 2017 KPK bersama LIPI melakukan kajian yang mengidentifikasi lima masalah utama terkait integritas partai politik. Hasil kajian ini kemudian dikembangkan dan menghasilkan konsep tentang Sistem Integritas Partai Politik (SIPP).

“Lima persoalan tersebut meliputi keterbukaan keuangan partai, sistem rekrutmen, sistem kaderisasi, penetapan kode etik serta implementasinya melalui mahkamah etik, dan demokratisasi internal,” terangnya.

“Karenanya, SIPP menjadi salah satu materi yang diberikan pada setiap pembekalan antikorupsi PCB Terpadu 2022,” tambah Ipi.

Dalam acara tersebut, kata Ipi, Ketua KPK Firli Bahuri akan membuka kegiatan bersama Wakil Ketum PKB Ida Fauziyah dan Sekjen Hasanuddin Wahid. Setelah itu, dilanjutkan dengan pembekalan sejumlah materi oleh para pejabat di Kedeputian Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat KPK. Di antaranya tentang Penguatan Integritas dan pembahasan pembelajaran mandiri antikorupsi.

Ipi juga menjelaskan, Berdasarkan konfirmasi yang kami terima kegiatan tersebut juga akan dihadiri secara langsung oleh sekitar 75 pengurus partai. Selebihnya para pengurus DPD/DPW dan DPC akan mengikuti kegiatan pembekalan secara daring.

Sebagai informasi, PKB merupakan partai ke -10 setelah sebelumnya KPK memberikan pembekalan yang sama kepada jajaran pimpinan dan pengurus dari 9 parpol, yaitu PAN, PBB, Demokrat, Gerindra, PDIP, Golkar, Hanura, Berkarya, dan PKS.

Penulis: Fajar Adi Saputra
Editor: Ahmad Rahmansyah

Previous articlePenyebarluasan Informasi Secara Digital, Pemkab Asahan Gandeng PT AETP
Next articleCuci Tangan Ambruknya Pagar JIS, JakPro Salahkan Penonton

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here