HUT Bhayangkara, PKB : Soliditas Internal Pacu Akselerasi Presisi

Cucun Ahmad Sjamsurijal
Cucun Ahmad Sjamsurijal

Jakarta, PONTAS.ID – Bangsa Indonesia hari ini memperingati Hari Bhayangkara ke-76. Jajaran Polri pun diminta terus meningkatkan soliditas internal dalam meningkatkan akselerasi menuju Polisi Presisi.

“Harus diakui banyak terobosan yang dilakukan jajaran Polri hingga hari ini. Kami sangat mengapresiasi tersebut dan terus mendorong soliditas internal Korps Bhayangkara dalam meningkatkan akselerasi menuju Polisi Presisi,” ujar Ketua Fraksi PKB Cucun A Syamsurijal, Jumat (1/7/2022).

Dia menjelaskan dalam beberapa waktu terakhir, banyak terasa perubahan mendasar di tubuh Polri di bawah kepemimpinan Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.

Konsep Presisi yang merupakan akronim dari kata prediktif, responsibilitas, transparansi dan berkeadilan berlahan-lahan mampu dirasakan oleh masyarakat.

“Banyak yang bisa kita rasakan seperti konsep restoraktif justice yang membantu para pihak untuk menyelesaikan persoalan hukum di luar pengadilan, penerapan e-tilang yang membuat pelanggaran lalu lintas diselesaikan secara transparan, hingga penegakkan disiplin anggota yang membuat institusi Polri kian dipercaya publik,” ujarnya.

Cucun menilai Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo sangat concern untuk menata Polri agar mendapatkan kepercayaan publik.

Maka berbagai program Polri Presisi tidak terlepas dari upaya transparansi sehingga publik benar-benar paham jika semua yang dilakukan Polri berdasarkan ketentuan yang ada untuk mengayomi masyarakat.

“Maka selain e-tilang yang meminimalkan adanya pungli, di bidang reserse pun saat ini ada kewajiban penyidik menerbitkan surat pemberitahuan perkembangan hasil penyidikan (SP2HP). Dengan demikian masyarakat mengetahui dengan pasti kelanjutan dan kepastian hukum atas perkara mereka,” katanya.

Anggota Komisi III ini mengatakan kehadiran institusi Polri juga sangat dirasakan publik saat masa krisis penanggulangan pandemi Covid-19.

Polri merupakan salah satu ujung tombak bagi penegakkan disiplin publik dalam menaati protocol Kesehatan.

Selain itu Polri juga aktif melakukan sosialisasi dan mengadakan berbagai untuk mempercepat proses vaksinasi.

“Polri aktif mengandeng kiai, tokoh masyarakat, maupun pesantren untuk terus-menerus menyampaikan manfaat vaksin sekaligu menginisiasi kegiatan vaksinasi bersama yang mempercepat proses pembentukan kekebalan kelompok (herd immunity). Saat ini kita rasakan Covid-19 terus melandai, bahkan varian Omicron yang dikhawatirkan menjadi gelombang baru penyebaran Covid-19 di tanah air relatif kita bisa minimalkan dampaknya,” katanya.

Cucun berharap agar Polri terus melakukan akselerasi sehingga konsep Polri Presisi bisa diterapkan secara maksimal. Menurutnya salah satu kunci akselerasi ini adalah terus menerus meningkatkan soliditas internal.

“Soliditas di internal tubuh Polri menjadi kunci akselerasi konsep Presisi. Saat ini kami melihat Jenderal Pol Listyo Sigit terus melakukan upaya sehingga soliditas yang saat ini terbentuk di tubuh Polri kian solid,” tandasnya.

Penulis: Luki Herdian

Editor: Pahala Simanjuntak

Previous article27 Personel Polres Sergai Naik Pangkat, Kapolres Ingatkan Tanggung Jawab
Next articleMPR Apresiasi PPP Dukung Pentingnya Konsensus Nasional Kembalikan MPR Sebagai Lembaga Tertinggi Negara

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here