Ikuti Ekspose Desa Wisata, Ini Harapan Bupati Sergai

SERGAI, PONTAS.ID – Bupati Serdang Bedagai (Sergai), Darma Wijaya mengikuti Expose Pengembangan Desa Wisata Berbasis Potensi Lokal yang diselenggarakan oleh Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI), secara virtual di ruang rapat Wakil Bupati Sergai, Seirampah, Selasa (19/4/2022) kemarin.

Kali ini, studi kasusnya yakni Desa Wisata Taman Sari Kabupaten Banyuwangi, Desa Wisata Carangsari Kabupaten Badung, dan Desa Wisata Kaki Langit Kabupaten Bantul.

Demikian disampaikan oleh Kadis Kominfo Sergai, Akmal melalui whatsApp kepada media, Rabu (20/4/2022) siang. Bupati Darma Wijaya usai kegiatan mengatakan bahwa expose pengembangan desa wisata ini diselenggarakan dalam rangka pendokumentasian Best Practice terkait dengan pengembangan dan pengelolaan desa wisata, yang yang masuk 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

“Dalam hal pengembangan desa wisata, APKASI akan menjadikan ketiga desa tersebut sebagai role model pengembangan dan pengelolaan desa wisata berbasis potensi lokal, karena memiliki inisiatif dan inovasi mulai dari proses hingga menjadi desa wisata yang dapat diandalkan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat lokal,” terang Darma Wijaya.

Bupati juga menjelaskan, jika kegiatan ini diharapkan bisa menjadi inspirasi sekaligus referensi bagi pihak terkait untuk mengembangkan aspek pariwisata dan UMKM.

“Kita harus mencari formula efektif dalam memasarkan pariwisata dan sektor UMKM. Bagaimanapun, banyak manfaat yang dapat diperoleh jika kedua bidang tersebut mendapat dukungan penuh,” jelasnya.

Dicontohkan untuk pariwisata misalnya, kalau dikelola dengan baik maka akan mampu menyerap sumber daya manusia lewat tersedianya lapangan kerja, mulai dari kebutuhan untuk tour guide, transportasi pariwisata, sentra jual-beli, dan pada akhirnya ini semua akan berdampak pada perputaran ekonomi di wilayah tersebut.

Dirinya juga menyebut, perlu dilakukan kerja sama antar desa untuk mengembangkan kerja sama yang bersifat mutualisme dan saling memperkuat keungulan masing-masing.

“Kunci sukses program desa wisata adalah komitmen yang tinggi dari pemerintah desa. Tentunya ini perlu dukungan penuh dari masyarakat desa untuk sama-sama terlibat mengembangkan potensi yang sudah tersedia,” tandas Darma Wijaya.

Turut mendampingi Bupati, dalam kegiatan ini Kadis Poraparbud, Zulfikar, Kadis PMD Sri Rahmayani, dan Kabag Tata Pemerintahan Sergai Onggung P. Purba.

Penulis: Andy Ebiet

Editor: Rahmat Mauliady

Previous articleRamadhan, BP Batam Salurkan 1.500 Paket Sembako
Next articlePemko Tanjungpinang Salurkan Bantuan Sembako Kepada Marbot, Mualaf dan Yayasan Kanker

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here