Radio Slawi FM gelar Lomba Ngomong Ngapak, Ini Daftar Juaranya

Tegal, PONTAS.ID – LPPL Radio Slawi FM menyelenggarakan lomba ngomong ngapak bahasa tegalan. Lomba yg di selenggarakan dlm rangka HUT ke 46 Tahun Radio Slawi FM itu dimaksudkan untuk melestarikan dan mengembangkan aset budaya dan kearifan lokal khususnya dopok ngomong ngapak atau berbicara dengan bahasa tegal.

Dirut Slawi FM Kusnianto pada saat penyerahan hadiah Jumat 27 Agustus 2021 mengatakan, mengingat suasana PPKM, lomba di selenggarakan dng cara para peserta mengirimkan video rekaman dopok ngomong ngapak tegalan.

“Durasi video maksimal 2 menit. Tema bebas boleh tentang pariwisata, pendidikan, potensi alam, kearifan lokal, kuliner, budaya, kesenian dan lain lain intinya bisa menginspirasi dan mengedukasi masyarakat,” ungkapnya

Materi penilaian meliputi penguasaan bahasa tegalan dengan logat dan gaya yang khas tegalan. Pendaftaran lomba dibuka secara online, video rekaman dikirim melalui whatsapp, jumlah peserta yg mengirimkan sebanyk 61 video rekaman.

“Ini sangat luar biasa, meskipun lomba digelar secara virtual karena masa pandemi ternyara antusias para peserta sangat banyak. Terbukti lebih dari 50 peseta dari berbagai kalangan,” tutupnya

Setelah penilaian oleh dewan juri terpilih sebagai pemenang :

Juara 1 : Haji Tambari dari kota Tegal

Juara 2 : Uceng Glopot dari Moga Pemalang

Juara 3 : Amira Zafira Rahman dari Mejasem Timur Kramat

Pemenang di berikan hadiah uang pembinaan dan piagam dari Slawi FM.

Tambari Gustam atau yang lebih dikenal dengan sapaan Kaji Tambari seusai penyerahan hadiah menyatakan salut dan bangga kepada managemen Radio Slawi FM yang selalu dan terus menguri-uri budaya agar lestari dan menjadi kebanggaanne wong Tegal.

Sementara Masruni Yusuf alias Uceng Glopot berharap agar kegiatan yang berkaitan melestarikan budaya daerah mendapat alokasi dan porsi waktu yang permanen sehingga seiring kemajuan zaman budaya daerah tidak akan hilang terlupakan.

Usai penyerahan hadiah masing-masing juara berkesempatan siaran menyapa pendengar radio slawi fm di pandu Bung TW sebagai Host dan Aldo Herlambang selaku Co Host.

Tepat pada 18 Juli 2021 lalu Slawi FM genap berusia 46 Tahun . Siaran perdana tgl 18 Juli 1975 bernama RSPD Radio Siaran Pemerintah Daerah . Studionya bertempat di Gedung Rakyat Slawi kemudian tahun 1990 an pindah ke salah satu bangunan eks Mako brigif 4 , dan sekitar tahun 2000 an pindah lagi ke studio baru yg ditempati hingga saat ini di Jl dr Soetomo 1 B Slawi.

 

Penulis: Teguh

Editor: Rahmat Mauliady

Previous articleEkonomi Melonjak, Pemkab Sergai Apresiasi PKH yang Graduasi Mandiri
Next articleTinjau Banjir di Kusan Hulu, Bupati Tanah Bumbu Beri Solusi Terbaik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here