Berantas Korupsi, KPK: Perlu Perbaikan Sistem

Jakarta, PONTAS.ID – Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nurul Ghufron mengingatkan pentingnya perbaikan sistem agar pemberantasan korupsi dapat efektif terlaksana. Tak hanya melalui upaya penindakan, pencegahan, pendidikan antikorupsi dan peran serta masyarakat juga perlu seiring sejalan.

Pesan ini disampaikan Nurul Ghufron saat memberikan materinya dalam pendidikan dan pelatihan Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan di Universitas Pertahanan Sentul, Senin (16/8/2021).

Pelatihan yang diikuti dari 18 pegawai KPK ini merupakan kerja sama antara KPK dengan Kementerian Pertahanan, sebagai tindak lanjut proses pengalihan pegawai KPK menjadi ASN.

KPK merupakan lembaga negara yang diatur melalui UU No 30 Tahun 2002 yang kemudian berubah menjadi UU 19 Tahun 2019, yang seluruh wewenangnya terdapat pada pasal 6 dalam UU tersebut.

Nurul Ghufron menegaskan, korupsi karena sistem lebih berbahaya. Seseorang yang dikenal memiliki karakter baik, ketika masuk ke dalam sistem yang buruk, bisa jadi kemudian malah dianggap tidak benar.

“Begitu pun dengan orang yang jujur, oleh karena sistem yang menjadi biasa tidak jujur, malah dicemooh oleh orang-orang di sekitarnya. Kondisi ini yang menjadi pembelajaran untuk kita perbaiki,” jelas Ghufron melalui keterangan resminya, Rabu (18/8/2021).

Ghufron juga menambahkan, bahwa tidak cukup membersihkan korupsi di Indonesia jika hanya sekadar mengandalkan penindakan. Perlu pencegahan, pendidikan dan peran serta dari masyarakat. Program-program ini menjadi tujuan KPK, dengan memanfaatkan anggaran secara efisien.

“KPK juga tidak sporadis, karena di tahun ini kita sudah mengadakan Executive Briefing di mana kita juga ajak Kementerian Lembaga lain untuk berkomitmen bersama, yang tujuannya agar kita bisa bersama-sama memerangi korupsi yang sudah terlihat sistemik ini. Ada lebih dari 5 Kementerian Lembaga yang kita ajak sejauh ini, yang sudah terlaksana,” pungkas Ghufron.

 

Penulis : Fajar Adi Saputra

Editor: Rahmat Mauliady

Previous articleGairahkan Ekonomi, Milenial Bogor Luncurkan ‘Rumah Madu Petani’
Next articlePeringatan Hari Konstitusi untuk Meneguhkan Arah Cita-cita Indonesia Merdeka

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here