PPKM Darurat, Dukcapil Jakut Pakai Jurus Dropbox dan Alpukat Betawi

Jakarta, PONTAS.ID – Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Administrasi Jakarta Utara memastikan tidak ada pelayanan secara langsung selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Jawa – Bali.

Permohonan administrasi dan kependudukan (Adminduk) hanya diberlakukan melalui sistem kotak pengendapan (Drop box) dan aplikasi Alpukat Betawi.

“Selama PPKM Darurat ini tidak ada pelayanan langsung. Hanya melalui drop box dan daring Alpukat Betawi,” kata Kepala Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Administrasi Jakarta Utara, Edward saat dikonfirmasi, Senin (5/7/2021).

Kebijakan ini berlaku di seluruh pelayanan Adminduk tingkat kota (suku dinas), kecamatan, hingga kelurahan. “Masyarakat tak perlu khawatir soal pelayanan Adminduk selama PPKM Darurat ini, sebab seluruh petugas masih bekerja meskipun dari rumah,” terangnya.

“Kami berlakukan wfh (work form home) 75 persen bagi petugas. 25 persen lainnya masih bertugas di kantor masing-masing dengan sistem piket,” sambungnya.

Meski begitu, Edward memastikan pelayanan seperti perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektrik (KTP-El) dan perkawinan masih tetap dilakukan secara langsung.

Namun, permohonan keduanya tetap dilakukan melalui drop box dan Alpukat Betawi. “Alpukat Betawi bisa diunduh di Play Store. Nanti di sana ada menu beragam permohonan Adminduk,” tandasnya.

Penulis: Ana Sulastri /Suwarto
Editor: Ahmad Rahmansyah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here