Sandiaga Bangga Cita Rasa Kuliner RI Semakin Mendunia

Menparekraf RI, Sandiaga Salahuddin Uno

Jakarta, PONTAS.ID –  Cita rasa kuliner nusantara sudah dikenal dan diakui oleh dunia. Tak sedikit kini mulai ditemukan berbagai restoran khas nusantara di berbagai negara seperti di Singapura dan Malaysia, seperti Restoran Padang Sari Ratu.

Terkait hal itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno, menyebut, hal ini merupakan potensi Indonesia agar semakin dikenal dunia. Para diaspora Indonesia bisa menyebarkan cita rasa kuliner nusantara di berbagai negara mereka tinggal.

“Bangga cita rasa kuliner Indonesia semakin mendunia. Kekayaan cita rasa kuliner ini harus dimanfaatkan untuk mempromosikan pariwisata sekaligus mendorong produk-produk ekonomi kreatif serta budaya,” kata Sandiaga, dikutip dari keterangan resminya, Kamis (15/4/2021).

Bukan hanya kuliner, Sandiaga meyakini gastronomi aneka kopi nusantara dan masakan-masakan khas Indonesia harus dikemas lebih baik. Dengan upaya ini, ia menilai bisa menjadi peluang di tengah pandemi.

Untuk mewujudkan hal itu, Sandiaga mendukung pembentukan Komite Kerja Parekraf Diaspora yang diinisiasi Penasihat Utama Kemenparekraf Dino Patti Djalal. Tugas komite ini adalah mengidentifikasi, memilih ide dan kebutuhan yang harus bisa dijalankan oleh diaspora dalam upaya mempromosikan pariwisata Indonesia.

“Kita punya diaspora yang sangat adaptif dengan keadaan terkini pascapandemi. Saya mendukung wadah tersebut. Yang bisa segera dieksekusi dalam waktu dekat adalah memperbanyak foto dan materi untuk promosi,” paparnya.

Penulis: Stevanny

Editor: Riana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here