Anggaran Tak Transparan, Warga Demo Pemerintah Desa Kemirisewu

Suasana mencekam saat ratusan warga Desa Kemirisewu demo di Balai Desa Kemirisewu Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan, Rabu (7/4/2021).

Pasuruan, PONTAS.ID – Ratusan warga Desa Kemirisewu Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan beramai-ramai mendatang Balai Desa. Mereka meminta kejelasan anggaran dana desa 2020 yang tak jelas peruntukannya ke pihak Pemerintah Desa Kemirisewu, Rabu (7/4/2021).

Salah satu warga mengatakan bahwa mereka mendatangi balai desa karena dugaan penyelewengan anggaran yang tak jelas peruntukannya dan warga hanya meminta pemerintah desa transparan.

“Saya yakin dalam penyelewengan anggaran ini ada dalang dibaliknya,” kata salah satu warga yang tidak mau namanya dipublikasikan, Rabu (7/4/2021).

Pantauan pontas.id dilapangan, suasana Balai Desa Kemirisewu semakin memanas karena dugaan masyarakat anggaran Covid-19 yang menelan anggaran hingga kurang lebih 30juta tersebut diduga diselewengkan.

Dalam laporan realisasi belanja hanya 7juta, padahal alokasi anggarannya mencapai 30juta. “Kemana sisanya?” Geram warga kepada pemerintah desa Kemiri Sewu.

Dalam mediasi yang diwarnai dengan saling lempar jawaban antara bendahara desa yakni Yusuf dengan Kepala Desa Rifa’i membuat warga semakin kesal.

“Saya tidak tahu, saya cuma bendahara, yang tau ya Pak Kades,” kata yusuf.

Bertolak belakang dengan yang dikatakan oleh Yusuf, Kades Kemirisewu Rifa’i langsung membantah tudingan tersebut.

“Saya tidak menerima apa-apa,” jelas kepala Desa ditengah-tengah banyaknya warga saat demo.

Sementara itu, Dalam mediasi tersebut Camat Pandaan, Marwan yang hadir berusaha meredam amarah warga. Ia mengatakan bahwa dirinya akan berkomunikasi dengan inspektorat.

“Kalau warga masih belum puas dengan hasil mediasi ini, warga bisa melaporkan kepada pihak berwenang. Dalam hal ini Inspektorat Kabupaten Pasuruan. Nanti dari Inspektorat, temuan bisa diteruskan ke Kejaksaan atau Polres, kalau memang benar ditemukan penyelewengan,” ujarnya didampingi Kapolsek Pandaan Kompol Marwan Ishery.

Penulis : Abdullah.
Editor    : Fauzi/Agus DC.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here