Wakil Walikota Jakpus Minta UKPD Melakukan Grebek Stunting

Jakarta, PONTAS.ID – Wakil Walikota Administrasi Jakarta Pusat meminta semua Unit Kerja Perangkat Daerah (UKPD) melakukan aksi gerebek stunting guna mengintervensi penurunannya di samping adanya delapan rangkaian lainnya. Hal ini diungkapkan Irwandi usai membuka aksi Tiga Rembuk Stunting, di salah satu hotel berbintang di Jakarta, Rabu (10/3/2021).

“Jadi nggak perlu lagi tanya-tanya atau bilang itu bagian Sudin Kesehatan, atau Sudin Sosial. Semua yang ada di tingkat kota, di bawah komando Walikota semuanya harus gerebek stunting agar targetnya tercapai,” jelas Irwandi.

Untuk itu, kata dia, seluruh UKPD yang terlibat dalam intervensi stunting harus bersinergi dan melakukan sinkronisasi program penurunan stunting dalam setiap harinya. “Mulai dari lurah maupun Sudin terkait harus segera bergerak,” imbuhnya.

Irwandi menambahkan, intervensi stunting ini akan dimasukan ke dalam Key Performance Indicator (KPI) Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat.

Tak hanya itu, ia juga menargetkan tahun depan jumlah lokasi khusus (lokus) stunting yang sebelumnya 10 menjadi 2-3 lokus, bahkan nol. “Kerja kalau nggak pakai target itu bisa kendor. Tapi kalau pakai target, kita jadikan KPI maka hasilnya akan lebih baik lagi,” paparnya.

Di tempat yang sama, Kepala Suku Dinas Kesehatan (Kasudinkes) Erizon Safari menjelaskan dalam intervensi penurunan stunting di Jakpus memang diperlukan bantuan dari UKPD lainnya sebagai wujud intervensi sensitif. Sementara Sudin Kesehatan melakukan intervensi specifik.

“Untuk intervensi sensitif kami harus dibantu UKPD lain, misalnya untuk ketersedian air bersih, termasuk Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM),” pungkasnya.

Penulis: Zulfatun/Tajuli
Editor: Ahmad Rahmansyah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here