DPR Minta Kemenlu Panggil Dubes Cina soal Kapal Perangnya Terobos Wilayah NKRI

Kapal Perang Cina Terobos Wilayah NKRI
Kapal Perang Cina Terobos Wilayah NKRI

Jakarta, PONTAS.ID – Wakil Ketua DPR meminta Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) memanggil Kedutaan Besar Cina di Indonesia untuk dapat menjelaskan alasan dan tujuan kapal perang Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China (People’s Liberation Army Navy/PLAN) menerobos masuk wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang memasuki wilayah NKRI tanpa perizinan yang jelas, dikarenakan hal tersebut melanggar kedaulatan Indonesia.

“Pemerintah harus lebih serius dalam melakukan operasi pengamanan teritorial Indonesia agar dapat mencegah terjadinya pelanggaran yang dilakukan oleh negara asing, khususnya oleh Cina,” katanya, Jumat(5/3/2021).

Pemerintah Indonesia harus segera melakukan diplomasi politik antar negara, khususnya dengan Cina, agar pelanggaran-pelanggaran serupa tidak kembali terjadi di masa mendatang. Hal ini perlu ditekankan agar antar negara dapat saling menghormati wilayah kedaulatan masing-masing.

“Jangan sampai peristiwa ini terulang kembali, Bakamla dan aparat terkait harus sigap dan siaga jangan sampai ada kecolongan data wilayah NKRI yang di dapat pihak asing,” ujarnya.

Penulis: Luki Herdian

Editor: Stevany

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here