Serahkan 100 Ekor DOC, Barantan Semarang Berharap Petani Sejahtera

Jakarta, PONTAS.ID – Karantina Pertanian Semarang bersama tim BPTP (Balai Pengkajian Teknologi Pertanian) Jawa Tengah menyerahkan sebanyak 100 ekor ayam DOC (Day Old Chicken) kepada Kelompok tani Syukur Lestari di Dusun Ngrapah, Desa Mendut, Kecamatan Banyubiru, Semarang.

Hal ini diungkapkan oleh Pratiwi Asmara Wulan selaku Kepala Seksi Hewan Karantina Pertanian Semarang seusai penyerahan bantuan, Jumat (11/12).

“Kelompok tani ini merupakan binaan Karantina Pertanian Semarang sebagai Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) model Komando Strategis Petani (Kostratani). DOC KUB yang diserahkan merupakan hasil seleksi selama enam generasi, satu generasi membutuhkan 12-18 bulan. DOC ini telah melalui proses vaksinasi dan penelitian dari BPTP,” ujarnya dalam keterangan resmi yang dikutip PONTAS.id, Sabtu (12/12/2020).

DOC yang diserahkan merupakan Ayam Kampung Unggul Balitbangtan (KUB). Keunggulan jenis ayam ini dalam kurun waktu lima hingga enam bulan sudah mampu bertelur. Bahkan setiap ekornya mampu menghasilkan 160-180 butir telur pertahun.

Pada usia tersebut, memiliki bobot badan 1.200–1.600 gram, dan bobot telur 35–45 gram. Ayam jenis ini memiliki masa mengeram yang berkurang 10% sehingga ayam cepat bertelur kembali dan lebih tahan terhadap penyakit.

“Harapannya, bantuan ini dapat berkembang dengan baik. Petani dapat meningkatkan perekonomiannya dari hasil budidaya ayam petelur ini,” pungkasnya

Diakhir acara, Tugimah sebagai pembina sekaligus mewakili kelompok tani mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Pertanian atas bantuan yang diberikan. Kelompok tani Syukur Lestari berkomitmen mengembangkan potensi yang ada untuk kesejahteraan bersama.

Penulis : Rahmat Mauliady

Editor : Luki Herdian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here