Presiden Minta Pemda Bangun Optimisme Masyarakat Hadapi Covid

Presiden Jokowi saat menyampaikan sambutan melalui tayangan virtual dalam HUT ke-22 Partai Amanat Nasional, Minggu (23/8/2020). (Foto: BPMI)

Jakarta, PONTAS.ID – Presiden Jokowi meminta pemerintah daerah (Pemda) turut andil dalam penanganan virus corona (Covid-19), termasuk ikut berperan membangun optimisme kepada masyarakat terkait penanganan pandemi ini.

“Pemerintah daerah hendaknya membangun optimisme masyarakat terkait penanganan Covid-19 oleh pemerintah,” kata Jokowi, Jumat (23/10/2020).

Jokowi juga meminta agar pemerintah daerah turut merealisasikan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). Utamanya, Jokowi meminta agar ada penyerapan yang menggunakan produk dalam negeri.

“Saya juga meminta pemerintah daerah mempercepat realisasi APBD terutama belanja bantuan sosial dan belanja modal, dan mengutamakan penyerapan produk dalam negeri,” tulis dia.

Permintaan mantan Wali Kota Solo ini dilakukan lantaran pemerintah harus tetap menjaga daya beli masyarakat.

Jokowi berkata pemerintah telah melakukan berbagai untuk mendorong daya beli masyarakat, salah satunya adalah menyalurkan bantuan kepada masyarakat baik dalam bentuk uang tunai maupun paket barang kebutuhan pokok.

“Untuk menjaga daya beli masyarakat, pemerintah telah menyalurkan berbagai skema program perlindungan sosial, dari PKH hingga Bansos Produktif,” beber dia.

Dengan bantuan itu, Jokowi berharap perputaran ekonomi bisa terus berlangsung. Kegiatan ekonomi di kalangan rumah tangga pun dapat berputar yang berujung pada ketahanan ekonomi nasional.

“Dengan bantuan itu, saya berharap konsumsi rumah tangga semakin meningkat, menaikkan permintaan dan mendorong tumbuhnya pasokan,” tutup dia.

Penulis: Luki Herdian

Editor: Pahala Simanjuntak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here