Lolos, Paslon Saidi-Habib Idrus Melenggang ke Pilkada Banjar

Rapat Pleno Terbuka KPUD Banjar, tekait syarat pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati, Senin (14/9/2020)

Kabupaten Banjar, PONTAS.ID – Pasangan Calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Banjar, Saidi Mansyur-Habib Idrus Al Habsyi lolos dengan mulus melewati tahapan verifikasi berkas syarat di Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) setempat.

Dalam rapat pleno terbuka hasil penelitian berkas syarat calon Bupati dan Wakil Bupati, KPUD Banjar memastikan berkas syarat calon kepala daerah pasangan calon pengusung slogan MANIS (maju, mandiri dan agamis) ini lengkap.

“Untuk paslon Rusli-Fadlan Asyari ada perbaikan yaitu soal SPT tahunan pajak dan surat keterangan sedang tidak terlilit hutang,” kata Komisioner KPUD Banjar Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Sumber Daya Manusia dan Partisipasi Pemilih (Sosdiklihsdmparmas), Abdul Muthalib, usai menutup pleno di Hotel Grand Daffam Banjarbaru, Senin (14/9/2020).

Sementara untuk pasangan calon Andin Sofyannoor-Syarif Bustomi yang berasal dari jalur perseorangan atau independen masih belum diverifikasi lantaran belum melengkapi syarat administrasi.

“Paslon Andin-Guru Oton belum kami verifikasi karena keduanya saat cek kesehatan positif covid-19,” sambung dia.

Dikatakannya lagi, penelitian atau verifikasi berkas calon kepala daerah justru dimulai dari hasil cek kesehatan.

“Dokter dari IDI (ikatan dokter indonesia) RSUD Ulin Banjarmasin menunggu hasil swab memastikan mereka (Andin-Guru Oton) negatif dulu baru dilakukan cek kesehatan,” sebut dia.

Dijadwalkan pemeriksaan kesehatan ulang untuk pasangan calon jalur perseorangan ini pada 17 September 2020, “Mudah-mudahan sebelum tanggal itu mereka sudah negatif covid-19,” harapnya.

Sementara itu, terkait wacana penundaan Pilkada serentak tanggal 9 Desember 2020, KPUD Banjar mengaku tidak ambil pusing dan menunggu arahan dari KPU RI.
“Soal itu kami menunggu PKPU dari pusat. Kalau memang ditunda kami ikuti,” beber Abdul Muthalib.

Setelah tahapan verifikasi berkas pasangan calon kepala daerah selesai, sesuai jadwal Tanggal 23 September 2020, KPUD Banjar akan menetapkan calon Bupati dan Wakil Bupati yang akan ditentukan tanggal 9 Desember 2020 sebagai pemegang jabatan tertinggi di pemerintahan kota berjuluk Serambi Mekkah itu.

Penulis: M. Apriani
Editor: Riana Agustian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here