Wacana Penyatuan ‘Coast Guard’, Watannas Dukung Bakamla

Jakarta, PONTAS.IDDewan Ketahanan Nasional (Wantannas) mendukung Bakamla RI menjadi Indonesia Coast Guard. Hal tersebut disampaikan langsung Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional (Sesjen Wantannas) Laksdya TNI Achmad Djamaludin.

Menurut Achmad, sebagai sebuah Lembaga Pemerintahan Non Kementerian (LPNK) yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden, sebelumnya pernah membuat sebuah kajian yang telah disampaikan kepada Presiden.

“Salah satu poin penting yang disampaikan tersebut yaitu perlunya keputusan politik untuk merevitalisasi Bakamla menjadi Indonesian Coast Guard dengan menggabungkan beberapa instansi keamanan laut yang ada,” ungkap Achmad saat menemui Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia, di Markas Besar Bakamla RI, Jakarta Pusat, Rabu (26/2/2020).

Pihaknya lanjut Achmad, sangat mendukung dan sependapat atas apa yang disampaikan Presiden Jokowi dan Menkopolhukam Mahfud M.D terkait Bakamla menjadi Indonesia Coast Guard untuk menjadi leading sector dalam bidang keamanan dan keselamatan laut.

“Kajian Wantannas telah sejalan seperti yang telah disampaikan Bapak Presiden Joko Widodo,” tegasnya.

Sementara Kepala Bakamla Laksdya TNI Aan Kurnia menjelaskan, Bakamla sedang bergerak cepat untuk meningkatkan sinergi dan kapasitas serta kapabilitasnya untuk dapat mewujudkan Bakamla RI yang mampu menjalankan penegakan hukum satu pintu sebagaimana fungsi Coastguard.

Dalam rangka membangun sinergi, Kepala Bakamla RI juga menyampaikan dirinya juga sudah dan akan terus “door to door” melaksanakan kunjungan ke seluruh Kementerian dan Lembaga terkait, “Untuk menyamakan visi tentang keamanan dan keselamatan laut ke depan sebagaimana yang diamanahkan Presiden,” katanya.

Penulis: M. Abriyanto
Editor: Pahala Simanjuntak

Previous articleMenteri PUPR: Penanganan Banjir Harus Terintegrasi
Next articleKelolah Limbah Secara Ilegal, KLHK Tetapkan Pemilik jadi Tersangka

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here