Mandek, Begini Perkembangan Terbaru Proyek Blok Masela

Blok Masela (Foto: Reuters)

Jakarta, PONTAS.ID – Kepala SKK Migas, Dwi Soetjipto, angkat suara terkait proyek LNG Lapangan Abadi di Blok Masela, yang diketahui sejak kontrak diteken pada 1998, hampir 20 tahun lamanya proyek kilang LNG tersebut tak tergarap alias mandek.

Dwi mengklaim, proyek Blok Masela sampai saat ini terus berproses. Kata dia, sedikitnya ada empat hal yang dijalankan saat ini, yaitu sosialisasi dan survei, pengurusan AMDAL, tender Front End Engineering Design (FEED) dan EPC.

“Proses Blok Masela terus berjalan. Ada empat fungsi jalan paralel,” kata Dwi saat rapat dengan Komisi VII DPR RI, Jakarta, Kamis (16/1/2020).

Dwi melanjutkan, soal konstruksi, pemerintah menargetkan baru akan dimulai pada 2022, tapi hal tersebut bisa saja bisa dipercepat pada tahun 2021.

“Awalnya kan 2020 mulai kontruksi, tapi tadi Pak Ketua (Komisi VII) sampaikan perizinan minta dipercepat harapannya 2021 kita mulai konstruksi,” tutur Dwi.

Dwi pun mengatakan, pihaknya telah meminta Pemerintah Daerah untuk melakukan sosialisasi akan adanya proyek ini, juga menyiapkan talenta SDM terbaiknya agar bisa terlibat dalam pengerjaan Blok Masela.

“Kita sudah sosialisasikan kepada pemerintah daerah agar menyiapkan SDM lokal dengan talenta-talenta terbaik. Sesuai arahan presiden sumber daya semaksimal mungkin bisa disiapkan,” tuntasnya.

Penulis: Ririe

Editor: Riana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here