Sebanyak 70 Ekor Ular Ditemukan Selama Banjir di Kota Bekasi

Tim Rescue Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bekasi mengamankan dua ekor ular sanca (phyton) di Perumahan Bumi Sukaragam Asri, Bekasi.

Jakarta, PONTAS.ID – Sebanyak 70 ekor ular berbagai jenis ditangkap selama banjir merendam wilayah Kota Bekasi. Diduga, ular-ular tersebut keluar lantaran habitat ular terendam banjir.

Pelaksana Tim Rescue Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bekasi, Eko Uban, mengatakan, puluhan ekor ular tersebut terdiri dari beragam jenis mulai dari sanca, kobra, pipa, weling, welang dan ular kadut. Diduga, ular itu keluar disebabkan habitatnya terendam banjir.

“Ular yang telah dievakuasi mulai dari anak sampai dengan induknya. Evakuasi itu juga berdasarkan laporan warga yang resah dengan munculnya ular di lingkungan,” ungkap Eko, Selasa (14/1/2019).

Menurut Eko, paling banyak jenis ular yang evakuasi adalah kobra. Bahkan, reptil pemilik bisa beracun tersebut pun ada yang sampai masuk ke rumah wa

“Ada 40 ular jenis itu, baik anak maupun induknya,” kata Eko.

Selain ular jenis kobra, kata Eko, ular Sanca juga didapat di beberapa titik saat banjir kemarin. Berbeda dengan kobra, ular sanca jauh lebih besar dan panjang. Meski tidak berbisa, lilitannya cukup mematikan.

“Untuk ular Sanca itu ada 10 baik yang ukuran besar atau yang kecilnya. Selain itu Sisanya uler pipa, kadut, weling, welang,” ujar Eko.

Eko mengatakan, selama proses evakuasi Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bekasi juga bekerjasama dengan komunitas reptil yang ada di wilayahnya. Selanjutnya, ular-ular tersebut akan diserahkan pada para pecinta reptil.

“Kalau kita sendiri untuk evakuasi kewalahan, karena memang kemarin pada keluar dari sarangnya karena banjir. Saat ini ular-ularnya termasuk juga buaya muara yang kami evakuasi sudah bersama para pencinta reptil,” tandas dia.

Penulis: Hartono

Editor: Idul HM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here